logo-raywhite-offcanvas

08 Jul 2022

Ridwan Kamil : Dunia Properti dan Karya Arsitektur yang Fenomenal

Ridwan Kamil : Dunia Properti dan Karya Arsitektur yang Fenomenal

Berbicara mengenai real estate tentunya tidak lepas dari berbagai aspek. Sebut saja demografi wilayah, kepadatan penduduk, jarak dengan pusat bisnis, dan lain sebagainya.

Pengembangan suatu wilayah juga ditentukan dengan ada tidaknya pergerakan bisnis dan potensi hunian yang ada. Contohnya, jika di suatu wilayah terdapat perusahaan besar, maka potensi dibangunnya hunian, fasilitas umum, pusat perbelanjaan akan mengikuti.

Walaupun begitu, tren ini juga mengalami perubahan. Banyak terjadi di Indonesia justru suatu daerah dimulai dengan dibangunnya pusat perbelanjaan, pendidikan, dan perkantoran terlebih dahulu sebelum pembangunan perumahan atau apartemen. Misalnya di daerah Alam Sutera, dimana justru komplek perumahan dan apartemen mulai dibangun setelah infrastruktur selesai.

Dilansir dari djkn kemenkeu mengacu pada fakta dan data yang ada, baik pasar properti residensial maupun komersial masih menunjukan pergerakan ke arah yang positif. Hal tersebut berjalan lurus dengan kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang juga terus bergerak positif. Diketahui pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan II-2021 tumbuh sebesar 7,07% (yoy), tertinggi dalam 16 tahun terakhir. Pertumbuhan tersebut dicapai pada saat kasus aktif Covid-19 rata-rata selama Triwulan II-2021 yang tercatat mencapai sekitar 113.218 kasus. Diharapkan pasar properti juga akan terus membaik dan tumbuh seiring dengan percepatan rebound ekonomi.

Wacana pemindahan Ibu Kota negara pun menjadi berita hangat, dimana Provinsi Kalimantan Timur dinobatkan sebagai wilayah Ibu Kota negara. Wilayah  ini diprediksi akan memiliki potensi perkembangan real estate kedepannya seiring dengan pembangunan infrastruktur. Seperti halnya pembangunan jalan tol yang membutuhkan lahan dan mengharuskan para pengembang membeli tanah untuk dijadikan jalan tol, hal ini tentunya menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat yang tanahnya terkena alih fungsi.

Properti di Indonesia selalu berkembang setiap tahunnya bahkan di saat pandemi yang notabene nya mempengaruhi sektor perekonomian  negara. Hingga saat ini sektor  properti masih tetap berjalan ditambah dengan bantuan insentif pemerintah sehingga masih ada transaksi yang terjadi. Bisa dikatakan properti memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi Indonesia. 

Seiring dengan berkembangnya zaman, kita dapat melihat bagaimana bentuk dan desain properti beranekaragam. Desain yang indah dan unik akan mengundang kekaguman dan memiliki daya tarik tersendiri, terlebih di zaman media sosial yang membuat orang berlomba-lomba mengabadikan foto diri dengan latar bangunan yang indah atau lebih akrab dengan istilah sekarang, “instagramable”.

Desain-desain yang menarik ini biasanya diterapkan pada bangunan usaha seperti hotel, restoran dan cafe, namun tidak menutup kemungkinan jika di masa depan akan muncul ide-ide properti yang futuristik dari orang-orang jenius di bidang desain dan arsitektur.

Indonesia memiliki banyak sekali para arsitek dan ahli di bidang desain tata kota, di antaranya adalah seorang Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil.

 

Mohammad Ridwan Kamil atau yang lebih akrab disapa kang Emil, sepertinya sudah dikenal hampir semua kalangan sebagai seorang yang menjabat sebagai kepala daerah Gubernur Jawa Barat. Meski menjabat sebagai Gubernur, ternyata ia memiliki memiliki banyak desain arsitektur yang fenomenal. Hal ini dikarenakan latar belakang pendidikannya sebagai arsitek dan urban design.

Sebelum menjadi pejabat, kang Emil bekerja sebagai seorang arsitek. Ia merupakan lulusan dari Institut Teknologi Bandung tahun 1995 dengan gelar sarjana di bidang arsitek, kemudian menyelesaikan studinya di Universitas California, Berkeley, selama dua tahun dan memperoleh gelar Master of Urban Design.

Kita mungkin bertanya-tanya apakah itu urban design? Urban design adalah bentuk dan tatanan sebuah pemukiman dalam skala besar, atau dengan kata lain adalah desain sebuah kota yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi mereka yang tinggal di sana.

Sama halnya ketika anda mendatangi sebuah wilayah perumahan atau lingkungan yang memiliki desain yang menarik sehingga membuat anda betah berlama-lama di sana. Desain ini mengutamakan keharmonisan yang membuat penghuninya tenang dan nyaman.

 

Karya dari Ridwan Kamil

Bagi kita yang mengenal Kang Emil ketika sudah menjabat sebagai Walikota Bandung, atau sekarang sebagai Gubernur Jawa Barat, tentu tidak menduga jika Ia memiliki banyak karya desain bangunan yang ikonik bahkan ada yang terkenal hingga ke luar negeri.

Berikut ini adalah karya terbaiknya :

  1. Marina Bay Waterfront Master Plan, Singapura

Bagi anda yang berkunjung ke Singapura, tentu tidak asing lagi dengan bangunan yang satu ini. Gedung Marina Bay Sands yang sangat populer di Singapura ini menjadi karya dan kontribusi dari kang Emil. Ia termasuk di dalam tim yang mengerjakan proyek besar Marina Bay Waterfront Master Plan. bangunan ini memiliki 3 menara dengan ketinggian 55 meter, dan puncaknya menyatu dan menyerupai kapal pesiar.

  1.           Beijing Finance Street, China

Karya dari Ridwan Kamil lainnya adalah sebuah kawasan superblok di Beijing Finance Street. Kawasan yang dirancang pada 2003 dan selesai pada 2008 ini memiliki ruang hijau yang menjadi ciri khasnya, hal ini bertujuan agar masyarakat perkotaan yang mengunjunginya dapat merasakan kenyamanan dan menikmati suasana kawasan ini.

  1.           Ningbo Newton China

Ketika masih aktif bekerja sebagai arsitek di salah satu perusahaan yang ada di Hongkong, Ridwan Kamil juga merancang Ningbo Newton. Kota ini diklaim merupakan desain modern dari bentuk kota masa depan.

  1.           Monumen Pahlawan Covid-19, Bandung

Dampak pandemi yang terjadi dua tahun belakangan ini juga meninggalkan duka yang mendalam bagi negeri. Para pejuang kesehatan yang berada di garda terdepan dalam memerangi Covid-19 banyak yang gugur dalam tugas dan pelayanan mereka. Untuk mengenang para aparatur  dan tenaga medis ini, maka dibangunlah monumen di area lapangan Gasibu, Bandung.

  1.           Masjid Al Irsyad, Bandung

Masjid yang fenomenal ini berlokasi di kawasan perumahan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Masjid ini memiliki karakteristik unik, yaitu tanpa kubah dan memiliki bentuk persegi. Yang menarik adalah terdapat kisi-kisi yang juga berfungsi sebagai ventilator membentuk tulisan kaligrafi Arab. Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid hijau karena konsepnya yang hemat energi dan ramah lingkungan. Salah satunya dikarenakan adanya ventilasi yang banyak sehingga dapat menjadi penerang ruangan karena memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam. Hal ini membuat Masjid Al- Irsyad mendapat penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2011 oleh Building Construction Information (BCI) Asia. Sebelumnya, pada 2010 Masjid Al-Irsyad dipilih sebagai salah satu dari lima besar “building of the year oleh National Frame Building Association dalam kategori arsitektur religius. 

  1.           Masjid 99 Kubah, Makassar

Masjid 99 Kubah ini terletak di kawasan reklamasi Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan yang juga disebut sebagai “Center Point of Indonesia ”. Masjid ini juga merupakan salah satu hasil rancangan dari Ridwan Kamil. Memiliki ukuran 72 x 45 Meter persegi serta dihiasi oleh warna-warna cerah seperti merah, jingga, dan kuning. Masjid ini juga menjadi destinasi masyarakat karena keunikan bangunannya.

  1.           Museum Tsunami Aceh

Kang Emil juga merupakan perancang museum Tsunami Aceh untuk mengenang warga yang menjadi korban pada saat Tsunami Aceh 2004 silam. Desain ini memiliki filosofis yang mendalam pada setiap bentuk dan motif bangunannya.

  1.           Rumah Botol

Dalam setiap karya dari Ridwan Kamil, selain dari bentuk dan desain minimalis, terdapat sebuah kesamaan, yaitu mengusung konsep hijau atau rumah ramah lingkungan. Beberapa desain dari Kang Emil ini memiliki ciri khas ruang terbuka dan banyaknya ventilasi. Rumah Botol ini termasuk unik karena 60 persen dibangun dengan susunan botol bekas. Jumlah dari botol bekas yang terpakai ada sekitar 30.000 buah. Rumah botol ini merupakan rumah pribadi yang memiliki banyak open space sehingga sirkulasi udaranya sangat baik. Rumah yang mendapatkan penghargaan Green Design Award dari Building Construction Award ini memiliki tanaman hijau dan juga kolam, karena menurut Kang Emil, air memberikan ketenangan.

 

Properti di Jawa Barat

perkembangan-properti-jawa-barat

 

Dilansir dari Kompas, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus gencar mempromosikan Jawa Barat kepada para investor, seiring dengan adanya pengembangan 13 kota baru dan SDM unggul yang melimpah. Ia menjelaskan bahwa adanya pengembangan kawasan Cirebon, Subang, Majalengka, Kertajati, dan Patimban atau yang disingkat dengan Rebana, merupakan daerah yang strategis dan didesain sebagai kawasan industri yang di dalamnya terdapat pelabuhan Internasional dan bandara.

Di sisi lain, Joko Suranto selaku ketua Real Estate Indonesia (REI) Jawa Barat, mengatakan bahwa properti di Jawa Barat  yang memiliki nilai 1 Miliar kebawah, mengalami kenaikan permintaan. Ketika diwawancarai oleh Detik Jawa Barat, ia mengatakan bahwa peningkatannya mencapai 12 persen. Menurutnya, kenaikan properti itu terdapat pada wilayah yang strategis, dimulai dari Bandung yang memang secara infrastruktur sudah sangat memadai.

Pembangunan proyek infrastruktur seperti kereta cepat Jakarta-Bandung yang direncanakan beroperasi di akhir 2022 juga memberikan kontribusi positif bagi Jawa Barat.

Nah, bagi Anda yang merencanakan ingin memiliki properti di wilayah Jawa Barat, sekarang saatnya mencari yang paling cocok untuk Anda. Dan perlu diingat tujuan Anda. Apakah Anda mencari rumah untuk ditinggali, atau mencari property sebagai investasi. Jika Anda membutuhkan jasa agen properti  terbaik yang siap untuk memberikan informasi akurat seputar property,  maka Ray White hadir untuk membantu Anda. 

Sebagai perusahaan real estate No 1 di Indonesia, Ray White sangat memahami kebutuhan setiap pelanggan. Ray White telah hadir di industri properti global selama lebih dari 120 tahun, lebih dari 1000 kantor di seluruh Australia, Selandia Baru, China, Hong Kong, Timur Tengah, USA dan terlebih khusus di Indonesia sejak 1997. Ray White memiliki jaringan luas 175 kantor yang tersebar di 25 kota besar dan 17 provinsi di Indonesia melalui service excellent  dari 5.000 Marketing Executives.

Menginjak usia yang ke 25 tahun, Ray White telah banyak mengantongi rentetan penghargaan dari berbagai instansi. Tentunya penghargaan-penghargaan yang telah diraih telah membuktikan kiprah kerja sukses Ray White sebagai market leader di industri property.

"properti solution, Ray White in Action"

source : popbela, rumah, dkjn kemenkeu, detik



Share