logo-raywhite-offcanvas

16 Jul 2021

Rumah Sehat : Tips Meningkatkan Kualitas Rumah Bagi Kesehatan

Rumah Sehat : Tips Meningkatkan Kualitas Rumah Bagi Kesehatan

Kesehatan adalah hal yang sangat diperlukan bagi kehidupan manusia, karena jika sehat kita dapat melakukan berbagai aktifitas dan tetap produktif untuk kelangsungan hidup sehari-hari, faktor-faktor penunjang kesehatan bisa didapatkan dari gaya hidup yang benar dimulai dari makanan, minuman, olahraga serta istirahat yang cukup, tidak berhenti sampai disitu saja tempat tinggal atau rumah juga menjadi salah satu sarana penunjang kesehatan saat ini.

Tahun 2021 adalah tahun yang penuh tantangan bagi kita di area kesehatan, betapa tidak pandemi yang masih belum usai membuat banyak area dalam kehidupan kita mengalami perubahan signifikan dimulai dari cara kita bekerja, cara kita bersosialisasi, hingga bagaimana kita lebih fokus kepada kebersihan diri, rumah yang saat ini menjadi shelter dan pelindung kita mendapatkan fungsi tambahan yang lebih ekstra karena rumah di saat pandemi ini akan mengalami modifikasi tertentu untuk memaksimalkan fungsinya dalam kehidupan kita.

Berbicara mengenai kesehatan, harus dipahami juga bahwa kesehatan tidak hanya terpaku kepada kondisi fisik saja melainkan kondisi mental juga, anda perlu mengenal aspek-aspek penting pada rumah yang bisa meningkatkan kesehatan anda dan keluarga, secara garis besar kesehatan fisik bergantung kepada jenis dan bahan materi yang anda konsumsi dan gunakan dimulai dari kebersihan, kandungan kimianya, dan sebagainya. Di lain sisi kesehatan mental bergantung kepada keadaan rumah anda, warna-warna yang anda pilih, serta dekorasi interior juga berperan penting, lebih jelasnya kita akan bahas selanjutnya.

 

Kesehatan Rumah yang Perlu Anda Ketahui

 

Untuk mencapai tujuan rumah yang sehat ternyata ada persyaratan standar yang ditetapkan oleh badan kesehatan, jadi sebelum membangun rumah anda juga harus teliti sehingga rumah anda nantinya tidak asal berdiri lalu direnovasi lagi karena alasan kesehatan. Banyak orang yang tidak terlalu memikirkan hal ini, akan tetapi standar kesehatan adalah hal mutlak yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, anda bisa melakukan diskusi dengan para arsitek sebelum memulai desainnya, sehingga dari rancangan hingga pemilihan bahan bangunan nantinya memenuhi syarat kesehatan.

Pengenalan syarat kesehatan rumah menurut Kemenkes ini dimulai dari beberapa aspek diantaranya adalah :

Aspek Fisik yang Mencakup Kesehatan Rumah Untuk Penghuninya

kesehatan-rumah-ditinjau-dari-bahan-bangunan-dan desain

 

  • Bahan Bangunan

Bahan bangunan haruslah tidak mengandung zat berbahaya, debu total tidak melebihi dari 150 µg m3 (150 Mikrogram per meter kubik) di udara, beberapa bahan asbes ada yang membahayakan kesehatan jadi harus jeli memilih, kandungan timah hitam tidak melebihi 300 mg/kg, timah hitam ini juga sering disebut timbal dan dampak keracunan dari zat ini sangatlah berbahaya, mulailah jeli memilih pelapis rumah anda seperti cat yang bebas timbal, serta perpipaan yang menggunakan bahan PVC dan tidak menggunakan pipa yang terbuat dari logam.

 

  • Komponen Pembangunan Rumah

Kemenkes memberikan standar kesehatan bagian rumah dimulai dari teknis pembangunan bagian-bagian rumah. Pertama area lantai haruslah kedap air dan mudah dibersihkan, lantai yang lembab dan basah akan beresiko menjadi sarang bakteri, kedua dinding kamar harus memiliki ventilasi yang baik, area tempat cuci atau dapur harus memiliki dinding yang kedap air hal ini bertujuan agar dinding tidak keropos karena terkena air dalam waktu yang cukup lama.

Area langit-langit juga harus aman salah satunya adalah tidak memasang dekorasi berlebih yang akan membebani langit-langit sehingga rawan roboh, pembagian ruangan sesuai dengan kebutuhan, serta pada area dapur harus menyediakan saluran pembuangan asap agar tidak mengganggu ruangan lainnya.

 

  • Pencahayaan yang Baik

Rumah yang sehat juga memiliki standar pencahayaan yang diatur oleh kemenkes, pencahayaan rumah bisa berasal dari cahaya alami seperti sinar matahari maupun buatan dari lampu penerang.

Tujuan pencahayaan selain dari menerangi setiap ruangan juga membantu menjaga agar tidak ada hewan-hewan atau hama yang bersarang di tempat-tempat yang kurang penerangannya, ditambah lagi ketika sinar matahari yang masuk ke dalam rumah baik, maka kelembaban dari suhu ruang dapat diminimalisir. Lebih lanjut pencahayaan haruslah tidak terlalu silau dengan memiliki intensitas minimal 30 lux, lagipula pencahayaan yang terlalu redup atau remang-remang akan berpengaruh terhadap kesehatan mata.

 

  • Sirkulasi Udara yang Cukup

Pertukaran udara di dalam rumah sangat mengambil peranan penting untuk kesehatan penghuninya, sirkulasi udara yang baik juga akan mencegah penumpukan debu yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan kepada penghuninya. Ventilasi permanen yang alami minimal 10% dari luas lantai, sumber dari sirkulasi udara ini bisa berasal dari jendela besar, ventilasi di atas jendela, pintu yang dibuka setiap pagi, serta dari berbagai alat-alat seperti exhaust fan, AC. lebih disarankan agar anda memperbanyak sumber pertukaran udara alami di rumah anda, karena dapat meningkatkan mood.

 

  • Pengelolaan Limbah

Hal yang penting sekali dan tidak dapat diabaikan dalam sebuah rumah yang sehat adalah bagaimana mengelola limbah baik itu limbah padat maupun cair. Ketika anda berencana membeli atau membangun rumah ada baiknya anda memperhitungkan hal ini secara matang, sebab limbah yang berasal dari rumah tangga juga berpotensi mengganggu kesehatan jika tidak dikelola dengan baik pembuangannya.

Limbah cair yang sering kita ketahui dapat berupa air bekas cucian baik dari cucian dapur, cucian pakaian, serta bekas mandi, biar bagaimanapun jika saluran pembuangannya mampet dan bahkan membuat tergenang maka hidup anda di rumah pun tidak akan nyaman, untuk memastikan ini anda harus mengecek apakah di depan rumah atau belakang rumah anda memiliki gorong-gorong atau saluran pembuangan air, sebisa mungkin dalam membangun rumah berikan jarak yang cukup antara bangunan dengan parit pembuangan.

Hal yang serupa juga berlaku untuk limbah padat, dalam hal ini dapat berupa sampah organik yang dapat membusuk, anda juga harus memiliki tempat pembuangan sampah atau jika anda ingin mengelola sampah organik, sampah ini haruslah tidak mencemari air dan tanah disekitar, ditambah lagi berhati-hatilah dalam membuang limbah kimia seperti semprotan aerosol bekas, larutan-larutan kimia dsb.

 

  • Tidak Ada Binatang Pembawa Penyakit

Bukan hal yang asing lagi bahwa rumah yang tidak bersih akan mengundang hewan-hewan yang berpotensi menyebarkan penyakit, sebut saja tikus, kecoa, dan lalat.

Di dalam rumah sendiri terdapat bagian-bagian yang memang memerlukan perhatian khusus dalam kebersihannya seperti dapur, karena di dapur semua sumber makanan diolah dan menyisakan limbah. Anda juga harus mengelola penumpukkan barang-barang di rumah, sering sekali barang-barang yang menumpuk adalah barang yang tidak kita gunakan sehari-hari, kebanyakan adalah barang yang tidak terlalu perlu tetapi kita merasa akan memerlukannya suatu saat, nah untuk ini jika anda memiliki ruang khusus yang diperuntukkan sebagai gudang ada baiknya semua barang ini di letakkan di sana, karena jika berada di ruang utama bisa-bisa akan menjadi tempat tikus bersarang.

Anda juga jangan lupa untuk menutup saluran-saluran air yang berpotensi menjadi jalan masuknya hama tikus ini. Karena barang yang menumpuk adalah tempat yang sangat disukai oleh tikus dan kecoa, ada baiknya anda menerapkan desain minimalis untuk rumah anda nantinya dengan perabotan yang seadanya yang dibutuhkan.

Ditambah lagi karena wilayah dapur adalah area yang sangat rawan akan tikus, maka anda bisa membuat desain dapur anda menjadi desain terbuka yang setiap saat dibersihkan, serta memastikan pencahayaan dan ventilasi yang baik berada di area dapur.

 

  • Sumber Air

Secara ideal sumber air di dalam rumah haruslah memiliki kapasitas 60 liter/ hari/ orang. Saat ini sumber air cukup tricky atau agak sulit aksesnya untuk orang di daerah perkotaan yang padat penduduknya, sehingga air tanah pun menjadi salah satu altrnatifnya. Oleh sebab itu jika anda memiliki rencana membangun rumah, pilihlah daerah yang masih sangat jarang penduduknya, agar ketersediaan sumber air untuk and pun dapat terjamin.

Dalam mengelola air tanah anda juga harus memperhatikan jarak sumur bor dengan septik tank karena bakteri e-coli dapat berrtahan hidup di dalam tanah selama 3 hari, untuk menghindari pencemaran sumber air anda standar dari pembangunan sumur bor haruslah 10 meter dari septik tank, bukan hanya septik tank anda tetapi juga dengan tetangga di sekitar. Kualitas air tanah juga kita ketahui tidak serta merta jernih, berbeda dengan air yang dikelola oleh perusahaan air minum setempat yang tentu membutuhkan biaya iuran per bulannya, anda harus membuat filter air tanah sendiri agar air pun layak konsumsi.

 

Aspek fisik dalam menjadikan rumah anda sehat adalah hal yang utama, akan tetapi tidak cukup sampai disitu saja, aspek non-fisik berupa ketenangan batin, dan mental adalah kunci kesehatan juga, perlu kita ketahui bahwa sepanjang tahun 2020-2021 kita sedang berada di masa sulit karena pandemi, beberapa kegiatan luar rumah ditunda bahkan sekarang banyak pekerjaan yang dikerjakan dari rumah. Kita semua merasakan betapa rasa bosan mulai menghampiri karena kegiatan dan pekerjaan hanya dilakukan dari rumah.

Keadaan seperti ini tidaklah bisa dianggap remeh karena disadari atau tidak lama kelamaan akan berpengaruh dengan kesehatan psikologi anda sehingga menurunkan kualitas kesehatan tubuh dan pikiran anda. Oleh sebab itu ada beberapa tips yang bisa anda terapkan dan menjadi inspirasi anda dalam terus bersemangat menjalani kehidupan di masa pandemi ini.



Aspek yang Bertujuan Menjaga Kesehatan Non-fisik (psikologi dan mental) Penghuni di dalam Rumah

bersenang-senang-bersama-keluarga-menyegarkan-pikiran

 

  • Utamakan Kebersihan dan Kerapihan Rumah

Ketika kegiatan lebih banyak dilakukan di rumah mungkin inilah saatnya bagi anda untuk memperhatikan kebersihan rumah lebih detail lagi, bagaimanapun rumah yang bersih akan memberikan keindahan visual bagi anda dan tentu saja ketenangan pikiran, ketika anda membersihkan rumah dan melihat hasil akhirnya menjadi rapi dan enak dipandang, maka hal ini akan membawa kesenangan bagi anda yang akan boost mood anda sekeluarga. 

Bisa juga dengan ini anda bisa membuat momen bersama keluarga untuk bersih-bersih sambil berbagi keceriaan, biar lebih seru bersih-bersih dengan menggunakan tema tertentu apalagi jika anda memiliki anak, tentunya dia akan tertarik untuk belajar bersih-bersih karena keseruan yang anda tunjukkan.

 

Menyingkirkan barang-barang yang tidak terlalu perlu misalnya kardus-kardus bekas pesanan online anda yang anda butuhkan suatu saat nanti, anda bisa meletakkannya di tempat lain atau gudang, jangan meletakkannya di ruangan utama yang sering anda gunakan untuk bercengkrama bersama keluarga agar tidak menimbulkan kesan sempit.



  • Dekorasi Ulang Rumah Anda

Kegiatan yang terus menerus dilakukan dari rumah akan menimbulkan rasa jenuh suatu saat, anda bisa menyiasatinya dengan mengganti cat rumah anda menjadi warna-warna yang tidak terlalu mencolok seperti warna pastel, bisa juga dengan memasang wallpaper yang menutupi bagian dinding yang terkena noda. Pasanglah dekorasi dinding sesuai dengan keinginan anda yang dapat membantu mood anda, bisa berupa lukisan, atau foto idola anda. Bagi anda yang suka berkebun anda dapat menata ulang kebun bunga anda, mencoba varietas jenis bunga baru, bercocok tanam dan lain sebagainya.

 

  • Lakukanlah Kegiatan yang Bisa Membuat Anda Tertawa

Hal yang sangat penting diperhatikan di masa pandemi saat ini adalah bagaimana kita bisa tetap kuat menjalani semua ini. Tidak bisa disangkal bahwa ada banyak berita-berita di luar sana yang mengkhawatirkan bahkan membuat kita ketakutan. Nah untuk kali ini kami menyarankan anda mungkin sekarang saatnya anda harus filter apapun yang akan anda lihat dan baca, kurangilah membaca berita yang memancing emosi anda yang bahkan belum tentu kebenarannya, atau membaca forum-forum yang menimbulkan perdebatan, hal itu tidaklah berguna sama sekali. Sebaliknya lakukanlah kesenangan dan hobi anda seperti menonton komedi, berkarya, bernyanyi karaoke bersama keluarga, hangout secara virtual dengan teman-teman dan lain sebaiknya.

Keadaan sekarang ini tidaklah berlangsung selamanya karena pasti akan ada jalan keluarnya akan tetapi untuk masa ini yang kita perlukan adalah bagaimana bisa tetap sehat secara fisik dan mental.

 

  • Memastikan Alat-alat Kesehatan

Hidup di tengah pandemi membuat kita harus beradaptasi dengan keadaan, protokol kesehatan juga janganlah diabaikan karena demi kebaikan bersama, saat ini penggunaan masker adalah hal yang wajar dan umum dilakukan, maka anda juga harus menyediakan masker di tempat yang terjangkau dan tersedia stok nya.

 

  • Berolahraga ringan

Dengan keadaan rumah yang bersih dan rapi, tentu mood akan semakin baik hari ke hari, anda juga dapat meningkatkannya dengan berolahraga ringan, sembari menikmati udara dan cahaya mentari di pagi hari. Hal ini akan membantu produktifitas anda selama bekerja online dari rumah.

 

  • Persiapkan Ruangan Isolasi

Kita memang tidak mengharapkan diri kita dan keluarga tercinta akan terpapar oleh pandemi ini, akan tetapi kita juga harus bersiap dengan keadaannya, persiapan apakah yang dimaksudkan? Pertama-tama adalah anda tidak boleh panik dan overreact dengan situasi, tentu setelah melaksanakan serangkaian tes anda baru bisa melakukan langkah selanjutnya.

Mempersiapkan kamar isolasi mandiri yang digunakan nantinya serta mempersiapkan alat-alat makan yang terpisah dengan penghuni rumah lainnya, serta tidak lupa dengan memastikan pembuangan sampah medis yang teratur untuk menghindari kontaminasi. Sebaiknya kamar atau ruangan itu disediakan sarana hiburan seperti tv atau internet, agar dalam menjalani proses pemulihan semakin cepat dan baik, tidak lupa juga selalu memberikan dukungan moral dan cinta serta kasih kepada anggota keluarga.

Rumah adalah tempat kita bernaung, dan berlindung, selama sebelum pandemi rumah kita mungkin hanya sebagai “halte” persinggahan kita untuk beristirahat karena kegiatan kita lebih banyak di luar rumah, akan tetapi untuk saat ini rumah memiliki fungsi lebih dari itu, rumah yang ditinggali haruslah membuat kita aman dan nyaman, rumah haruslah memberikan rasa betah kepada penghuninya, diawali dari bentuk desain, kerapian, kebersihan, hingga aktivitas di dalamnya yang sehat. Kita akan melewati masa-masa sulit ini bersama-sama karena akan ada banyak solusi yang menjadi inspirasi untuk rumah impian dan kebanggaan kita. Untuk ide dan segala hal seputar properti anda membutuhkan ahli yang berpengalaman di bidangnya

Ray White adalah agen properti terbaik yang selalu memberikan informasi akurat dan up to date tentang hunian masa kini, serta inspirasi dalam menjadikan rumah dan hunian anda nyaman serta memiliki nilai jual yang tinggi, tidak sampai disana, Ray White juga memiliki informasi yang luas mengenai sektor properti lain yang bisa anda jadikan investasi seperti gedung perkantoran, ruko, rukan dan sebagainya. Ray White telah menunjukkan dedikasinya dengan pelayanan yang prima, terbukti telah meraih penghargaan Top Brand Awards 8 kali berturut-turut. Dengan demikian Ray White akan terus konsisten memberikan pelayanan yang terbaik untuk anda.

 

Ray White, Your Properti Solution!

Source : Ray White, 99, rumah123, dekoruma, unsplash, pixabay

Share