logo-raywhite-offcanvas

18 May 2021

Travelling : Serunya Bepergian dan Tips Jalan-Jalan

Travelling : Serunya Bepergian dan Tips Jalan-Jalan

Siapa yang tidak kenal dengan istilah travelling? Sebuah kata yang diartikan sebagai jalan-jalan ini merupakan kegiatan yang digemari oleh banyak kalangan, sebagian besar tentu saja mereka para anak muda yang masih punya semangat tinggi untuk eksplorasi tempat-tempat baru. 

Travelling adalah sebuah kegiatan mencari kesenangan atau hiburan dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang tidak lama, umumnya kegiatan ini diikuti dengan rencana menginap di penginapan setempat seperti hotel, losmen, atau bahkan homestay.

Kegiatan bepergian ini pun sudah menjadi kebiasaan peradaban manusia sejak dulu kala, dari berpindah tempat tinggal (nomaden), perdagangan, hingga kegiatan kolonialisme, hingga saat ini kegiatan bepergian menjadi salah satu lifestyle yang digemari. Lalu mengapa travelling ini menjadi populer di kalangan milenial saat ini? Ternyata ada beberapa tujuan dan manfaat yang dapat didapatkan dari kegiatan bepergian ini, dengan perkembangan teknologi yang ada travelling jauh lebih mudah dan banyak fasilitas yang membantu seorang yang ingin bepergian ke suatu tempat baru sekalipun.

 

Perbandingan Travelling Zaman Dahulu dan Sekarang

Bepergian atau travelling pada zaman dahulu dan sekarang memiliki perbedaan yang sangat signifikan yang dapat membuat siapa saja dapat melakukan perencanaan jalan-jalan jauh lebih matang dalam segi budget, destinasi, serta lama waktu bepergian, nah berikut ini dapat dilihat bagaimana kemudahan-kemudahan yang didapatkan pada masa sekarang jika ingin travelling.

  • Perkembangan Teknologi

Teknologi memang memegang peranan sangat penting dalam perkembangan dunia travelling saat ini, betapa tidak sekarang ini kemudahan untuk mendapatkan informasi destinasi wisata ataupun tempat yang rencananya akan anda kunjungi, anda bisa melihat referensinya terlebih dahulu sehingga perencanaan anda pun lebih matang sehingga waktu yang dihabiskan selama bepergian pun menjadi efektif. 

Saat ini ada banyak situs travelling lengkap dengan review dari orang-orang yang pernah berkunjung, tentu saja di zaman teknologi ini bahkan pemilik usaha wisata pun berlomba-lomba agar dikenal orang banyak melalui banyak platform baik lewat website ataupun media sosial, ada banyak forum-forum pecinta jalan-jalan di internet saat ini yang dapat anda search dan gali referensi tempat yang akan anda kunjungi.

Berbeda dengan zaman dahulu, anda harus memiliki kenalan yang pernah bepergian ke wilayah yang hendak anda kunjungi untuk mendapat pengalamannya, jadi anda bisa menyusun itinerary nya secara detail, ditambah lagi ketika tempat itu sama sekali baru bagi anda tentunya anda membutuhkan buku panduan wisata, atau membeli peta yang saat itu berbentuk kertas yang cukup merepotkan, namun saat ini dengan bantuan teknologi Google Maps dan GPS mencari arah dan jalan tidak lagi menjadi tantangan sulit.

Tidak sampai disitu saja, sebelumnya jika hendak bepergian anda harus benar-benar mengatur uang cash yang anda bawa mengingat ATM atau Internet Banking belum banyak, kehabisan uang cash di saat liburan adalah mimpi buruk bagi para traveler, belum lagi jika satu-satunya cara menukar cash adalah melalui bank dan alangkah repotnya jika bank sedang tutup di hari libur, bisa-bisa mood anda menikmati liburan pun hilang seketika. Saat ini dengan layanan perbankan yang semakin canggih, dan beberapa tempat seperti restoran, hotel, dan fasilitas lain menerima pembayaran credit card atau dengan cashless.

  • Barang Bawaan yang Semakin Praktis

Perkembangan zaman juga menjadi imbas terhadap barang-barang yang akan anda bawa, misalnya saja kamera adalah benda wajib dibawa ketika bepergian jika anda tidak ingin kehilangan momen liburan yang ingin anda abadikan, bayangkan betapa repotnya zaman dahulu membawa kamera yang cukup berat beserta roll film nya.

Tetapi saat ini kamera juga diciptakan secara digital serta tidak menggunakan roll film lagi, bervariasi ukurannya menjadi semakin praktis. Disisi bagasi atau barang bawaan, telah banyak sekarang packaging spesial bepergian yang praktis seperti peralatan mandi dan sebagainya.

  • Maskapai Penerbangan yang Semakin Banyak

Zaman dahulu dengan keterbatasan transportasi penerbangan, jarang ada yang merencanakan liburan keluar daerah, atau bahkan keluar negeri, ditambah dengan harga tiket yang mahal dan belum menjangkau masyarakat kelas menengah, belum lagi dengan biaya-biaya tambahan yang dikenakan oleh pihak penerbangan.

Namun saat ini dengan banyaknya maskapai dengan promo-promo menarik tiap bulannya membuat kegiatan travelling anda pun semakin lebih praktis dimulai dari check in tiket yang bisa dilakukan secara online.

 

Sesuai dengan perkembangan zaman, kini siapapun bisa travelling dengan mudah berbekal segudang informasi yang dapat ditemukan melalui internet, tujuan orang-orang travelling pun beragam namun mereka memiliki satu kesamaan yaitu tentu saja mengupdate kegiatan jalan-jalan nya di media sosial.

Hal ini begitu menarik, karena dengan semakin menjamurnya media sosial dan penggunanya, banyak orang berlomba-lomba ingin menunjukkan eksistensinya, apalagi jika mereka berkunjung di tempat yang menurut mereka indah, sehingga menimbulkan rasa penasaran atau ingin ikut-ikutan bagi orang lain yang melihat postingan liburannya.

 

Tujuan dari travelling sekarang semakin meluas manfaatnya, baik kepada objek wisata maupun kepada individu itu sendiri, nah sebenarnya apa sih manfaat dari travelling itu?

Manfaat Travelling

manfaat-travelling

Travelling merupakan kegiatan yang mengalihkan fokus kita dari keseharian yang monoton dan juga membantu otak untuk refresh kembali, dengan banyaknya eksposur terhadap objek yang baru seperti alam yang indah, interaksi dengan tanaman dan hewan, hingga dapat mencicipi kuliner baru yang lezat.

Bisa dikatakan bahwa travelling merupakan salah satu sarana bagi kita untuk bisa bersyukur, bagi beberapa orang jalan-jalan tentu bertujuan untuk bersenang-senang, akan tetapi pada kenyataannya ada banyak manfaat yang bisa didapat dari travelling ini, ketika menyadarinya tentunya akan membuat kegiatan jalan-jalan anda semakin bersemangat ya.

  • Meredakan Stress

Kegiatan harian seperti pekerjaan yang monoton dan terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama tentu akan sangat melelahkan pikiran dan jiwa belum lagi jika pekerjaan yang dilakukan tidak selamanya mulus dan banyak tantangan bahkan kegagalan, tentu saja hal-hal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya stress, karena sejatinya tidak ada manusia yang dapat bertahan dalam situasi seperti itu dalam waktu yang lama.

Perlu diketahui bahwa tubuh kita memproduksi hormon-hormon yang menunjang kehidupan dan “hormon bahagia” yang berperan penting dalam penurunan stress seperti Dopamin yang berkaitan dengan sensasi yang menyenangkan, memori, sistem motorik, dengan melakukan perjalanan ke tempat baru yang indah, atau melakukan rekreasi outbound akan membantu produksi hormon ini.

Saat jalan-jalan tentu mendengarkan musik yang anda sukai akan menambah kesan yang terus tertanam dalam pikiran, ketika anda memutar musik sambil menikmati momen, memori yang tersimpan akan teringat kembali ketika anda memutar musik yang sama walau berada di tempat yang berbeda. 

Serotonin yang membantu suasana hati, pencernaan, kualitas tidur, nafsu makan, kemampuan belajar, berada di tempat baru dengan suasana segar dan kuliner yang lezat berperan dalam pembentukan hormon ini.

Oksitosin, hormon yang terbentuk dari ikatan cinta antara orangtua dan anak, suami istri yang membantu meningkatkan kepercayaan dan empati, tentu saja ketika anda berlibur bersama keluarga tentu ada quality time sendiri, dengan mengobrol dan berbagi cerita, akan mempererat hubungan antar keluarga tentu saja dibarengi dengan canda tawa yang membuat suasana menjadi semakin meriah.

Endorfin, sebagai pereda nyeri alami yang terbentuk sebagai respon akan ketidaknyamanan dan stress yang terjadi. Endorfin semakin meningkat jika anda mengkonsumsi makanan yang lezat, serta berolahraga, jika anda travelling tentunya anda akan lebih enjoy dengan berjalan kaki saat menikmati udara pagi dan cahaya matahari.

Disadari atau tidak kegiatan travelling meliputi dalam pembentukan setiap hormon yang ada, yang membantu kualitas hidup anda dan menurunkan resiko penyakit tentunya, nah dengan memahami manfaat ini, tentunya anda tidak akan menyia-nyiakan waktu jalan-jalan anda untuk mengeluh, bertengkar, dan hal-hal negatif lainnya. 

  • Meningkatkan Kreativitas

Bepergian dapat menjadi sarana bagi anda untuk keluar dari zona nyaman, atau lingkaran rutinitas yang begitu monoton, dengan mendatangi area asing dan baru bagi anda, otak akan didorong untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya.

Sesuatu yang baru yang terpapar oleh indera akan memicu ide-ide baru muncul, bisa saja dengan mengunjungi suatu wilayah dapat memicu inspirasi yang menjadi sumber bahan bakar baru bagi anda ketika kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala.

Kreativitas yang terbentuk karena merupakan rangsangan dari budaya baru yang anda temui dan tentu saja dengan perjalanan yang membuat anda melupakan kekhawatiran sehari hari dan lebih tenang.

  • Menambah Pengetahuan Baru

Nilai tambah dari sebuah perjalanan adalah pengalaman baru yang didapatkan, terlebih ketika anda bepergian ke daerah yang sama sekali belum pernah anda datangi, perasaan excited pasti meluap-luap apalagi jika tempat yang anda lihat selama ini hanya sekedar di dalam gambar namun ketika berkunjung anda dapat menyentuh dan merasakannya, bahkan melihat dalam spektrum yang lebih luas.

Belajar hal baru tentu saja dalam area yang beragam seperti budaya, bahasa, kebiasaan-kebiasaan orang lokal di sana, aturan hukum yang berlaku, dan tentu saja anda harus bersiap untuk menghadapi culture shock yang ada.

Hal baru yang umum ditemukan tentu saja orang-orangnya, anda memiliki kesempatan menemukan kenalan baru, baik itu masyarakat setempat bahkan teman seperjalanan anda, kesempatan untuk belajar berkomunikasi pun terbuka di sini, jika anda bepergian seorang diri mau tidak mau anda harus bercakap dengan orang lain untuk menanyakan arah bahkan sekedar ngobrol ringan, siapa yang menyangka bahwa bisa saja ke depan orang baru yang anda temui akan membuka opportunity baru bagi anda di masa depan dan keseruan ini hanya anda dapatkan di saat bepergian.

Hasilnya, anda akan menjadi orang yang belajar berempati dengan orang lain serta mengembangkan pemahaman tentang keragaman budaya di tempat yang anda kunjungi, beberapa daerah wisata juga menawarkan kegiatan yang memberikan pengalaman langsung di tempat, seperti belajar membatik, konservasi hutan dan sebagainya.

Jika anda bepergian seorang diri, maka kemampuan adaptasi anda pun akan menjadi semakin baik, tentu saja anda harus mematuhi peraturan dan belajar dengan budaya setempat, tidak bisa dengan seenaknya membawa lifestyle tempat kita berasal karena belum tentu akan cocok, lebih baik beradaptasi seperti kata peribahasa “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”.

  • Terbukanya Peluang Pekerjaan

Mungkin anda akan bertanya-tanya, bagaimana mungkin travelling menjadi peluang pekerjaan? Dengan terbiasa travelling tentu saja anda akan belajar untuk mengenal keragaman dan tentu rasa toleransi yang ada semakin kuat, nah nilai ini mulai disadari oleh perusahaan dalam rekrutmen, hal ini menjadi pertanda bahwa seseorang yang mencantumkan travelling sebagai kegiatan atau hobi dalam CV nya adalah seorang yang adaptif, dan lebih terbuka.

Tidak hanya sampai disana peluang pekerjaan yang muncul dapat berupa

  • Fotografer

Nah kegiatan fotografi saat travelling dapat anda manfaatkan juga, jika selama jalan-jalan anda hobi memotret tanaman, hewan, bangunan, atau aktifitas masyarakat, hasil foto yang “bernilai seni” dan menjual dapat anda manfaatkan, saat ini ada banyak situs tempat jual beli gambar, contohnya adalah shutterstock.

  • Tour Guide

Tour guide merupakan skill yang dibentuk saat anda travelling, dengan memiliki pengetahuan yang baik serta penampilan yang menarik dan informatif anda dapat mengembangkan bisnis ini, dan membuat keuntungan bagi anda sendiri.

Tour guide sendiri akan dapat berkembang menjadi Travel Agent yang menyediakan segala akomodasi bagi para pelancong yang datang ke daerah anda.

  • Travel Writer

Bagi yang suka menulis, menjadi Travel Writer adalah sebuah peluang yang bagus, anda bisa menuangkan tulisan-tulisan seputar pengalaman berlibur atau berkunjung ke suatu wilayah, lengkap dengan estimasi biaya, tempat-tempat recommended, anda dapat upload di blog pribadi atau menjadi Travel Writer yang dibayar oleh website Travel Agent yang tersedia.

 

Hal-Hal yang Dilakukan & Tidak Boleh Dilakukan Saat Travelling

Sebelum mulai travelling tentu ada persiapan yang baik, sehingga anda bisa nyaman dan enjoy selama perjalanan hingga ketika anda tiba di tujuan anda, di bawah ini ada beberapa tips untuk anda.

  • Menentukan Jadwal dan Destinasi

Ketika anda ingin bepergian ke suatu tempat tentunya ada perencanaan yang dipersiapkan sejak jauh hari, apalagi jika tujuannya berada di daerah lain, mulai melakukan observasi terhadap tujuan anda dan tidak kalah penting menentukan jadwal tepat pada hari libur atau anda bisa mengambil cuti.

  • Membuat Anggaran

Anggaran merupakan hal vital yang menjadi penentu travelling anda berjalan atau tidak, tentu saja tanpa anggaran travelling hanya sebatas angan-angan saja bukan, setelah menentukan destinasi dan jadwal, adna dapat melakukan perhitungan anggaran , seperti harga tiket, harga penginapan, biaya makan, jika bepergian ke luar negeri tentu menyesuaikan dengan nilai mata uang negara tujuan, hingga budget untuk membeli cenderamata.

  • Membuat List Barang yang akan Dibawa

Travelling seharusnya menjadi perjalanan yang menyenangkan, jangan sampai anda kerepotan karena kebanyakan membawa barang, buat daftar bawaan yang penting bagi anda.

Jangan lupa untuk membuat salinan kartu identitas atau dokumen berharga seperti paspor dengan menyimpan fotonya di smartphone anda, untuk mengantisipasi kalau-kalau tercecer walaupun demikian anda harus berhati-hati dalam menjaga dokumen penting ini.

Obat-obatan pribadi juga jangan lupa, tetapi tentu saja dengan mengikuti protokol yang benar saat membawa obat-obatan.

  • Meminta Izin Saat Mengambil Foto

Destinasi wisata memang menyajikan berbagai objek foto yang sayang untuk dilewatkan, namun anda harus memperhatikan peraturan setempat mengenai fotografi, jika anda hendak memotret seseorang, ada baiknya meminta izin terlebih dahulu, seperti di Jepang bahwa memotret orang tanpa izin dianggap tidak sopan.

  • Tidak Merusak atau Memodifikasi Properti Setempat

Hal ini begitu penting, mengingat zaman teknologi saat ini membuat orang-orang ingin eksis dengan membuat foto-foto unik saat liburan, namun sayangnya banyak yang tidak menjaga kearifan lokal setempat, tidak jarang kita menemukan ada situs-situs tertentu yang rusak karena turis dan sebagainya, tentu saja berhati-hati adalah kunci utama nya, anda tentu tidak mau mengeluarkan biaya tambahan untuk ganti rugi bukan? bisa-bisa liburan tidak lagi terasa menyenangkan.

Travelling yang merupakan kegiatan yang dibutuhkan setiap manusia, kegiatan yang menyenangkan dan penuh dengan kejutan, dengan memperhatikan manfaat dan tips nya kita berharap kegiatan travelling anda berkesan dan menjadi cerita tersendiri bagi anda, ada banyak akomodasi yang bisa ditemukan dan saat ini properti yang ada dalam bentuk penginapan juga terus memegang peranan penting.

Bagi anda yang memiliki impian untuk membangun travel agent anda sendiri, tentunya anda membutuhkan bangunan untuk usaha anda ini, dan mencari properti bangunan tentu tidak terlepas dari para agen properti yang terbaik.

Ray White adalah agen properti yang hadir dengan informasi properti yang up to date secara real time, segala informasi harga properti akan anda dapatkan dengan berkonsultasi bersama para agen properti Ray White yang profesional. Ray White telah mendapat penghargaan dari Top Brand Awards selama 8 kali berturut-turut yang menjadikan Ray White terus berdedikasi dalam sektor properti. Jadi jika anda ingin mencari atau berinvestasi di dunia properti, Ray White selalu siap untuk anda.

 

Property Solution? Ray White in Action!

Source : Ray White, bobobox, mollyta, blog.atourin, travel.tempo, cosmopolitan

Share