logo-raywhite-offcanvas

26 Nov 2021

Rumah Adat Cantik Dan Unik Di Indonesia (Bagian Ke-1)

Rumah Adat Cantik Dan Unik Di Indonesia (Bagian Ke-1)

Apakah anda sudah tahu kalau di negara kita memiliki rumah-rumah adat yang cantik dan unik di Indonesia?

Sejarah keberadaan negara Indonesia terbentuk dari posisi geografisnya. Geografis yang berbentuk kumpulan kepulauan yang dibatasi oleh perairan lautan yang mengelilinginya, dengan sumber daya alam tropis, serangkaian migrasi dan kontak manusia, juga terjadinya peperangan dan penaklukan, serta perdagangan yang membentuk perekonomian dan politik.

Dataran Indonesia terdiri dari kepulauan. Negara kepulauan yang memiliki 17.000 hingga 18.000 pulau (8.844 bernama dan 922 berpenghuni permanen). Negara kepulauan Indonesia membentang sepanjang garis khatulistiwa di Asia Tenggara. Letak posisi negara dengan jalur laut yang strategis, mempermudah dan mendorong perdagangan antar pulau dan internasional. Dimana perdagangan sejak itu secara fundamental membentuk sejarah Indonesia. Wilayah Indonesia dihuni penduduk dari berbagai migrasi yang menciptakan keragaman suku, budaya, dan bahasa. 

Keadaan alam dengan bentuk tanah kepulauan dan iklim yang secara signifikan menjadikan Indonesia sangat lahan yang sangat subur, mempengaruhi pertanian dan perdagangan, dan pembentukan negara, pada abad ke-20, perbatasan negara Indonesia sama dengan perbatasan Hindia Belanda. Dengan keanekaragaman Indonesia yang kaya akan budaya, suku, agama, ras, ditujukan dengan salah satunya adalah beragam bentuk rumah adat sesuai dengan provinsi daerahnya masing-masing.Banyak sekali rumah adat yang bentuknya unik dan cantik di setiap provinsi. Meski beraneka ragam, Indonesia tetap dalam satu kesatuan yang kuat.

Yuk kita ketahui 15 rumah adat dari banyak sekali rumah adat yang ada di negara kita, yaitu:

#1 Rumah Kebaya (DKI Jakarta)
Rumah-Kabayajakarta-tourism.go.id

Rumah dengan corak khas suku Betawi. Karena bentuk atap rumahnya serupa dengan pelana berlipat, oleh karena itu rumah adat ini disebut rumah kebaya. Dan jika dilihat dari samping, maka lipatan-lipatannya di bagian atap rumahnya menyerupai kebaya.

#2 Rumah Joglo (Jawa Tengah)
Rumah-JogloRumahjoglo.net

Rumah tradisional Jawa dengan ciri khasnya yang terdiri dari empat tiang penopang. Dimana terdapat dua bagian utama yaitu bagian rumah induk yang menjadi tempat utama seperti rumah (berisi pendopo, teras) dan bagian rumah tambahan (berisi perlengkapan rumah induk).

#3 Rumah Baduy (Banten)
Rumah-Baduyid.wikipedia.org

Rumah suku Baduy. Bentuk dari rumah adat ini disebut juga Julang Napak. Rumah ini dibuat dengan menggunakan bambu dan atapnya terbuat dari ijuk. Dimana rumah ini dibuat secara gotong royong sebagai tempat tinggal mereka.

#4 Rumah Krong Bade (Aceh)
Rumah-Acehid.wikipedia.org

Disebut juga Rumoh Aceh. Dimana bangunan rumah ini bentuknya memanjang dari Timur ke Barat. Berbentuk menyerupai persegi panjang. Bagian depan terdapat tangga untuk masuk ke dalam rumah. Dengan jumlah tangga ganjil, yaitu berjumlah 7 hingga 9 anak tangga.

#5 Rumah Bolon (Sumatera Utara)
Rumah-Bolonid.wikipedia.org

Terdapat dua bagian berbeda pada rumah adat bolon. Yaitu bagian Jabo Bolon, yang menjadi tempat untuk keluarga besar. Dan Jabu Parsakitan, tempat yang dijadikan untuk tempat membicarakan masalah adat. DI dalam rumah adat ini tidak ada sekat antara setiap ruangannya. Hal ini menjadi unik, karena semua anggota keluarga tidur bersama di tempat satu rumah yang tanpa sekat pembatas. 

#6 Rumah Limas (Sumatera Selatan)
Rumah-Limasid.wikipedia.org

Rumah Limas dikenal juga dengan nama Rumah Bari. Dikatakan Rumah Limas, karena bentuk rumah adat ini seperti limas. Rumah adat ini mempunyai bentuk ruangnya dengan alas berbentuk segi yang banyak. Dan ada sebuah bidang tegaknya berbentuk segitiga dengan salah satu sudutnya bertemu di satu titik. Titik ini disebut dengan puncak limas.

#7 Rumah Gadang (Sumatera Barat)
Rumah-Gadangid.wikipedia.org

Rumah adat Minangkabau yang oleh masyarakat setempat disebut juga dengan Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjuang. Rumah Gadang adalah rumah adat yang hanya boleh didirikan pada kawasan yang sudah memiliki status sebagai Nagari, yaitu pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di provinsi Sumatera Barat.

#8 Rumah Selaso Jatuh Kembar (Riau)
Rumah-Selasopariwisataindonesia.id

Rumah adat ini digunakan sebagai tempat kegiatan bersama karena memiliki ukuran yang cukup besar agar bisa menampung banyak orang. Kegiatan yang dilakukan di dalam rumah adat seperti: balai penobatan, balairung sari, balai karapatan, musyawarah, penobatan kepala adat, untuk rapat perihal desa dan bahkan untuk melaksanakan upacara adat, dan kegiatan adat masyarakat Riau lainnya.

#9 Rumah Atap Limas Potong (Kepulauan Riau)
Rumah-Atap-Limaspariwisataindonesia.id

Rumah adat dari kepulauan Riau. Bentuknya rumah adat ini seperti  rumah panggung yang memanjang ke belakang dengan dinding kayu yang di susun vertikal.

#10 Rumah Bubungan Lima (Bengkulu)
Rumah-Bubunganpariwisataindonesia.id

Rumah adat  dari provinsi Bengkulu. Struktur pembagian ruang rumah pada rumah bubungan terdiri dari tiga bagian utama dari rumah ini, yakni bagian atas, bagian tengah dan bagian bawah. Bagian atap dan bubungan terbuat dari ijuk dan seng. Pada loteng di bagian atap ini biasanya terdapat digunakan untuk menyimpan benda-benda pusaka disakralkan.

#11 Rumah Panggung (Jambi)
Rumah-Panggungid.wikipedia.org

Rumah adat yang disebut juga Rumah Panggung Kajang Lako. Dimana rumah adat ini terdiri dari 8 ruangan.

#12 Rumah Nuwo Sesat (Lampung)
Rumah-Nuwuid.wikipedia.org

Rumah adat yang disebut juga Balai Agung. Dalam bahasa setempat Nuwou artinya adalah tempat tinggal/rumah. Sedangkan Sesat artinya adalah bangunan musyawarah.

#13 Rumah Rakit (Bangka Belitung)
Rumah-Rakitindonesiatraveler.id

Rumah adat ini disebut juga Rumah Adat Rakit Limas. Rumah Rakit adalah rumah adat yang didirikan di atas perairan, dimana bentuk rumahnya seperti rakit. Karena Bangka Belitung terbatasi oleh perairan, yaitu sungai maupun lautan, maka banyak masyarakat Bangka yang membuat rumah tempat tinggalnya diatas air dan tempat bisnis ekonomi. 

#14 Rumah Kasepuhan (Jawa Barat)
Rumah-Kasepuhanid.wikipedia.org

Rumah adat ini disebut juga Keraton Kasepuhan. Rumah sebenarnya merupakan perluasan dari Keraton Pakungwati. Rumat Kasepuhan menjadi peninggalan rumah adat dari Kerajaan Islam di wilayah tersebut.

#15 Rumah Gapura Candi Bentar (Bali)
Rumah-Gapura-Candicanva.com

Bentuk bangunan gapura Candi Bentar menjadi gerbang rumah-rumah adat Bali. Bentuk bangunan gapura yang bentuknya serupa dan sebangun, oleh karena itu disebut dengan bentuk candi bentar. Dengan detail bentuk gapura  yang simetri cermin yang membatasi sisi kanan dan sisi kiri di pintu masuk ke pekarangan rumah.

Bagaimana menurut anda, menarik dan unik kan rumah adat di negara kita. Yuk baca lagi lanjutan dari Rumah Adat Cantik Dan Unik Di Indonesia Bagian ke-2.

 

Pastikan anda menemukan banyak daftar pilihan rumah dan apartemen idaman yang DI JUAL di Jakarta.

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solution!


Sumber:

History of Indonesia Wikipedia

 

Share