logo-raywhite-offcanvas

13 Jun 2023

Generasi Z dan Millennial Penerus Investasi Properti

Generasi Z dan Millennial Penerus Investasi Properti


Berkaca pada pengalaman di tahun 2022, aktivitas pencarian properti sangat tinggi dilakukan hingga akhir tahun, yang mana Generasi Z (kelahiran 1995 – 2012) mendominasi pencarian rumah ataupun properti lainnya. Menurut Bank Indonesia, pada tahun 2023-2024 pertumbuhan ekonomi diperkirakan dapat terus berkembang, salah satunya dari sektor properti. Investasi properti termasuk salah satu cara popular dan dinilai berpotensi bagi millenial dan gen z untuk membangun kekayaan jangka panjang. Ray White Indonesia mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk terus mendukung sektor properti sebagai salah satu cara pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi.

 

Hal ini didukung oleh data yang diperoleh dari 99 Group Indonesia, dimana kontribusi sektor real estate pada Q1-Q3 tahun 2022 adalah 2,5% atau setara dengan Rp 364 triliun. Hal ini di dominasi oleh Gen Z sebesar 32,4% yang disusul oleh Millenial (kelahiran 1981  - 1996) sebanyak 24%. Hal ini tentu saja menjadi angin segar bagi Ray White Indonesia dimana kita dapat memperluas target market kita di sektor properti ini. Kekhawatiran Gen Z dan Milenial dalam melakukan transaksi jual beli rumah dapat diatasi oleh sektor perbankan yang menawarkan berbagai produk perbankan dalam mewujudkan keinginan Gen Z dan Milenial untuk memiliki hunian sendiri. Bahkan Ray White Indonesia sudah membantu memfasilitasi  dengan adanya Loan Market. 

 

“Prospek sektor properti tahun 2023 diprediksi masih bergerak positif sejalan dengan proyeksi IMF bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh hingga 5% pada tahun 2023. Sektor properti tetap menjadi primadona karena didukung dengan tingginya kebutuhan akan hunian. Jika sebelumnya konsumen masih menimbang-nimbang dan tidak terburu-buru untuk membeli properti, tahun ini kami rasa akan berbeda. Tahun ini dapat dikatakan sebagai momentum yang tepat. It’s time to buy.” Ucap Johann Boyke Nurtanio, Country Director of Ray White (Indonesia).

 

Merunut dari pernyataan Country Director of Ray White Indonesia, Pak Johann Boyke Nurtanio pada 16 Maret 2023 lalu, konsumen yang menjadi target pada tahun ini didominasi oleh Gen Z dan Milenial, dan berikut adalah tips-tips bagi Gen Z dan Milenial dalam menentukan properti seperti apa yang cocok dimiliki oleh para Gen Z dan Milenial:

 

·      Menentukan Rencana Keuangan

Sebelum menentukan untuk memulai investasi properti, sangat penting untuk menetapkan rencana keuangan yang baik. Pertimbangkan berapa banyak dana yang dapat dialokasikan untuk investasi dan apa saja yang ingin dicapai dalam jangka pendek maupun panjang. Memilih advisor yang tepat dapat membantu anda dalam menentukan rencana keuangan yang tepat.

 

·      Melakukan Riset Pasar

Pentingnya untuk melakukan riset pasar yang komprehensif, perhatikan harga properti di daerah yang anda minati, aksesibilitas, perkembangan infrastruktur, dan potensi nilai properti di masa depan. Dengan memiliki market executive Ray White, anda akan dibantu untuk melakukan riset ini dengan lebih mudah dan efisien. Dengan data yang dimiliki oleh para marketing executive di tiap-tiap lokasi, diharapkan anda tidak akan kesulitan untuk melakukan riset ini sendirian. 

 

·      Perhatikan Lokasi Properti

Selain melakukan riset pasar, lokasi menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan properti apa yang akan kita beli nantinya. Pilihan lokasi yang memiliki nilai yang tinggi, aksesibilitas yang baik, dan fasilitas umum yang memadai di sekitarnya. Hal ini bisa kita dapatkan dalam aplikasi One System untuk melihat listingan properti yang dimiliki para marketing executive Ray White. Terdapat akun Instagram yang lebih akrab bagi para kaum Gen Z dan Milenial untuk membantu mereka dalam melihat listingan properti yang dimiliki di Kawasan-kawasan tertentu. Sehingga, memudahkan bagi para calon pembeli untuk menentukan pilihannya. 

 

·      Harga Terjangkau

Gen Z dan Millenial adalah generasi yang mulai produktif dalam menghasilkan penghasilan sendiri. Keterbatasan dana untuk berinvestasi tentu saja dialami oleh Gen Z dan Millennial. Keinginan menggunakan dana untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari daripada menggunakan nya untuk berinvestasi, menjadi fokus yang dialami Gen Z dan Millenial. Oleh karena itu, bekerja sama dengan Loan Market dalam membantu Gen Z dan Millenial untuk mewujudkan properti impian mereka adalah salah satu terobosan yang dilakukan oleh Ray White Indonesia guna mendukung para generasi penerus ini untuk memiliki hunian yang nyaman dan sesuai keinginan mereka. 

 

·      Kolaboratif

Bagi Millenial dan Gen Z, pendekatan kolaboratif dengan menggunakan marketing executive dan advisor dalam mengatur properti apa yang dinilai cocok dan sistem pendanaan bagaimana yang cocok untuk mendukung keinginan untuk memiliki properti dianggap penting untuk dilakukan. Dengan adanya Ray White dan Loan Market, diharapkan dapat membantu Gen Z dan Milenial untuk menentukan kebutuhan properti nya sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan masing-masing. 

 

Sebagai perusahaan real estate No 1 di Indonesia,Ray White sangat memahami kebutuhan setiap pelanggan. Ray White telah hadir di industri properti global selama lebih dari 120 tahun, lebih dari 1000 kantor di seluruh Australia, Selandia Baru, China, Hong Kong, Timur Tengah, USA dan terlebih khusus di Indonesia sejak 1997. Ray White memiliki jaringan luas 175 kantor yang tersebar di 25 kota besar dan 17 provinsi di Indonesia melalui service excellent dari lebih dari 5,000 Marketing Executives. 

Menginjak usia yang ke 26 tahun, Ray White telah banyak mengantongi rentetan penghargaan dari berbagai instansi. Tentunya penghargaan-penghargaan yang telah diraih telah membuktikan kiprah kerja sukses Ray White sebagai market leader di industri property. Dan diharapkan dapat menjadi solusi bagi Generasi Z dan Milenial dalam membantu mencari solusi terbaik di sektor properti bagi mereka. 

Seperti yang diutarakan oleh Johann Boyke Nurtanio pada tahun ini, “we seek to be proud of every transaction we made” menjadi agen yang mampu melampaui ekspektasi konsumen, membangun hubungan yang baik, dan senantiasa bangga atas setiap transaksi yang dilakukan, sesuai dengan visi Ray White. 

"Properti Solution, Ray White in Action"

Share