logo-raywhite-offcanvas

09 May 2016

KEMBALIKAN SEMANGAT KERJA ANDA SETELAH LIBURAN PANJANG!

KEMBALIKAN SEMANGAT KERJA ANDA SETELAH LIBURAN PANJANG!

Bagaimana dengan liburan Anda kemarin? Pastinya Anda sangat menikmati hari-hari liburan Anda dan hilang rasa penat setelah sekian lama telah bekerja. Namun, masa liburan Anda sudah selesai dan waktunya Anda untuk kembali ke pekerjaan Anda masing-masing. Hal ini akan menyebabkan semangat untuk kembali bekerja menjadi turun. Mungkin banyak dari Anda yang merasakan hal ini setelah liburan panjang kemarin, karena ini merupakan masalah yang sering terjadi setelah liburan panjang.

 

Maka dari itu, lakukakanlah 5 tips berikut agar Anda kembali semangat lagi bekerja setelah liburan:

  1. Pikirkan Kesenangan Dalam Bekerja

Dibandingkan dengna liburan, tentunya bekerja adalah hal yang tidak menyenangkan. Namun apabila Anda menyukai pekerjaan Anda, pasti ada sisi senangnya dari pekerjaan Anda. Agar Anda bisa kembali lagi bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan itu. Misalnya, Anda bisa pikirkan mengenai bertemu dengan teman Anda yang sudah lama tidak bertemu. Dengan memberikan sisi positif dari pekerjaan Anda, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menumbuhkan semangat kerja Anda yang sudah hampir sirna.

  1. Buatlah Jadwal di Hari Pertama Anda Kembali Bekerja

Memiliki kegiatan yang tertata dengan rapih, akan membuat Anda lebih bersemangat lagi dalam bekerja. Buatlah jadwal pekerjaan yang akan Anda selesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa minggu ke depan. Dengan begitu, Anda secara tidak langsung akan mulai memikirkan cara untuk menyelesaikan dan secara tidak sengaja semangat kerja Anda akan kembali meningkat. Apabila memiliki jadwal yang jelas, maka Anda juga akan memiliki tujuan kerja yang jelas dan itulah yang dapat memacu untuk lebih bersemangat.

  1. Datang Lebih Pagi

Setelah beberapa lama bermalas-malasan dirumah, Anda jadi terbiasa untuk terus bermalasan dan bangun siang. Tapi sekarang adalah saatnya Anda bekerja, jadi tinggalkan kebiasaan itu. Caranya adalah dengan memaksakan diri untuk bangun dan datang lebih pagi ke tempat kerja Anda. Dengan begini Anda punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk melakukan pekerjaan yang telah lama ditinggalkan, sehingga Anda tidak keteteran saat mengerjakannya nanti.

  1. Mulai Bekerja Secara Perlahan

Setelah liburan pasti banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Tenang saja, jangan panik karena ini adalah hal yang normal. Lakukan saja pekerjaan itu dengan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran Anda masih belum sepenuhnya fokus kepada pekerjaan itu. Bisa jadi apabila Anda terburu-buru, Anda malah semakin memperlama penyelesaian pekerjaan tersebut karena harus sering diulang.

  1. Atur Waktu Anda dengan Bijaksana

Pekerjaan yang menumpuk mendorong Anda untuk lembur? Jangan lakukan ini, karena bisa merusak semua hal baik yang telah Anda ciptakan selama liburan kemarin bersama keluarga dan orang sedekatmu. Lakukan pekerjaan Anda semaksimal mungkin di waktu kerja yang telah ditentukan. Tapi ketika saatnya selesai kerja, pakailah waktu tersebut untuk memperhatikan keluarga Anda. Ingatlah mereka jauh lebih penting dibandingkan pekerjaan Anda. Lagipula dengan memiliki pengaturan waktu yang baik, Anda bisa semakin semangat bekerja. Kedekatan dengan keluarga seperti saat liburan akan membawa Anda untuk bisa fokus bekerja pada waktunya.

  1. Minta Bantuan Apabila Perlu

Mungkin pikiran Anda asih belum fokus pada pekerjaan Anda saat ini. Jadi Anda merasa tertinggal dan kesulitan dalam menyelesaikannya. Apabila hal ini terjadi pada Anda, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada rekan kerja Anda. Meminta bantuan bukan menunjukkan bahwa Anda tidak mampu melakukan pekerjaanmu, tapi Anda hanya belum siap untuk melakukannya sekarang. Jadi mintalah bantuan jika diperlukan.

  1. Jangan Terbawa Teman

Musim liburan memang sangat bisa membuat orang menjadi malas. Mungkin teman-teman kerjamu masih bermalas-malasan setelah liburan dan ini bisa mempengaruhi Anda. Tapi jangan biarkan mereka mempengaruhi Anda, melainkan Anda yang harus dapat mempengaruhi mereka untuk semangat bekerja. Pertahankan semangat kerja Anda dan jangan terbawa dengan kemalasan mereka.

  1. Bekerja dan Menabung

Setelah selesai menghabiskan uang dimasa liburan Anda kemarin, sekarang saatnya untuk Anda mengumpulkan uang lagi untuk hidup dan merencanakan liburan yang selanjutnya. Pikiran seperti ini dapat membuat Anda semakin semangat untuk bekerja dan menabung. Oleh karena itu, bekerja keraslah dan tabunglah uang hasil kerja Anda supaya semakin banyak uang yang bisa Anda pakai untuk liburan nanti.

Semoga bermanfaat!

Share
Search