logo-raywhite-offcanvas

13 Aug 2022

17 Agustus 1945: Makna Dibalik Permainan Yang Dimainkan Dalam Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia

17 Agustus 1945: Makna Dibalik Permainan Yang Dimainkan Dalam Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaannya. Sebuah perayaan yang sangat berarti bagi kita yang menerangkan bahwa kita adalah negara yang bebas dan merdeka dari kekuasaan penjajah.

Di setiap tanggal 17 Agustus ini juga terdapat salah satu acara yang paling ditunggu dalam perayaan yaitu permainan dan kompetisi. Anak-anak, remaja sampai orang dewasa turut bermain dan bersaing sehat satu sama lain untuk bersenang-senang dan memenangkan hadiah menarik!

Beberapa permainan tradisional yang akan Ray White Kebayoran Senopati bahas di sini adalah makan kerupuk, tarik tambang, panjat pinang, balap karung dan lomba balap menggunakan sandal bakiak.

Mengapa permainan ini selalu dimainkan pada tanggal 17 Agustus?

 

Makan Kerupuk

Awal mula permainan ini berdasarkan dari kehidupan orang Indonesia pada jaman perang kemerdekaan dulu. Mereka hidup pas-pasan dan miskin, sehingga hanya sering makan makanan murah, termasuk kerupuk. Namun demikian, semangat orang Indonesia tidak pernah padam untuk memperjuangkan kemerdekaannya.

Tarik Tambang

Pada jaman masa penjajahan Belanda di Indonesia dari tahun 1595 sampai 1945, selama 350 tahun orang Indonesia dipaksa untuk bekerja keras menjadi budak buruh. Mereka mengangkat pasir, batu, kayu dan benda berat lainnya. Mereka menggunakan tambang untuk membantu pekerjaan mereka sekaligus untuk mengetahui siapa yang terkuat di antara mereka. Ide inilah yang muncul dan dijadikan hiburan untuk orang Indonesia pada masa sulit tersebut.

Panjat Pinang

Permainan ini dimainkan untuk mengibur penjajah Belanda pada acara pesta. Pinang adalah salah satu jenis tumbuhan palem-paleman yang banyak ditemukan di Indonesia. Dalam permainan panjat pinang, orang Indonesia akan memperebutkan barang mewah pada jaman penjajahan Belanda, seperti gula, garam, pakaian, minyak, bahkan keju! Permainan ini sering diartikan sebagai perjalanan melalui rintangan yang panjang yang dilalui oleh bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Balap Karung

Sebenarnya, permainan ini sudah ada sejak jaman Belanda menjajah Indonesia. Namun orang Indonesia percaya bahwa permainan ini adalah cara mereka merayakan kemerdekaan dari penjajahan Jepang. Dimana, pada masa penjajahan Jepang ini orang Indonesia kebanyakan hanya memakai pakaian berbahan dari karung goni!

Balap Bakiak

Bakiak adalah nama salah satu jenis sandal dari kayu ringan dengan ban bekas yang dipaku di kedua sisinya. Sandal bakiak ini berasal dari Sumatera Barat. Orang Indonesia menemukan ide sandal ini dari bangsa Jepang yang memang sudah terbiasa menggunakan sandal kayu terlebih dulu. Permainan balap bakiak yang mengutamakan keselarasan dan kerjasama antar tim mengibaratkan bangsa Indonesia yang selalu memiliki tinggi solidaritas untuk berjuang memperoleh kemerdekaan.

Bangga Menjadi Bangsa Indonesia!

kemerdekaan-indonesia-raywhite-kebayoran-senopati

Di Hari Kemerdekaan ini, Ray White Kebayoran Senopati ingin mengingatkan kita semua untuk bangga menjadi bangsa Indonesia. Banyak hal positif yang kita banggakan dan orang-orang hebat di dalamnya, termasuk Anda! Terutama saat kita bersama-sama telah berhasil melalui pandemik Covid-19, melakukan vaksin booster dan menjalani situasi endemik namun dengan tetap selalu waspada bahwa virus tersebut akan selalu ada di sekitar kita.

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia! Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat!

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

 

 

Share