logo-raywhite-offcanvas

09 May 2016

APAKAH ANDA STRES DI TEMPAT KERJA? ATASI DENGAN CARA BERIKUT!

APAKAH ANDA STRES DI TEMPAT KERJA? ATASI DENGAN CARA BERIKUT!

Apakah pekerjaan Anda merasakan stress di tempat kerja Anda? Penyebabnya mungkin karena pekerjaan yang tidak ada habisnya, tekanan kerja, serta jenuh terhadap rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja.  Hal ini seringkali menjadi pemicu stress di tempat Anda bekerja. Tidak hanya itu, masalah keluarga yang terkadang sering  kali terbawa-bawa ditempat  kerja juga menambah sederet daftar pemicu stress ditempat kerja.  

Bukan tidak mungkin, jika tidak ditangani dengan cepat tingkat stres Anda yang semakin besar akan berakibat fatal. Dimulai dari menurunnya kinerja kerja Anda hingga hengkangnya Anda dari perusahaan tempat Anda bekerja, akibat tekanan dalam pekerjaan yang membuat tingkat stres bertambah.

Apabila sudah begitu, bukan hanya perusahaan tempat Anda saja yang rugi karena kekurangan karyawan karena kepincangan dalam operasional.  Akan tetapi juga nama baik Anda akan tercoreng  citra keprofesionalan dalam bekerja yang akan berdampak kurang  baik nantinya. Seperti kesulitan mendapatkan pekerjaan baru contohnya, karena alasan berhenti yang tertulis diriwayat pekerjaan saat melamar. Karena itu sangat dibutuhkan kerjasamasa dari kedua belah pihak untuk menciptakan kondisi tempat kerja yang nyaman. Jika dari pihak perusahaan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membuat karyawan nyaman adalah dengan memberikan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan tersebut. Sedangkan untuk Anda sendiri, banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres ditempat kerja.  

Ikutilah beberapa tips dibawah ini untuk mengurangi rasa stress Anda dalam pekerjaan:

  1. Tariklah Nafas Dalam-dalam

Cara pertama yang bisa Anda coba ketika stres dipekerjaan menghampiri adalah, bernafaslah dalam-dalam. Karena pada saat stres, tubuh Anda cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya. Cara ini dapat membuat tubuh Anda rileks dan mengurangi tingkat stres Anda. Coba lakukanlah cara ini berulang kali.

b.      Mendengarkan Musik

Tahukah Anda salah satu ciri orang jenius adalah senang mendengarkan musik. Karena dengan mendengarkan musik selain Anda akan menjadi lebih rileks, mendengarkan musik  juga dapat mengurangi tingkat stres Anda. Sama seperti sayuran hijau yang dapat meningkatkan mood, musik juga mempunyai kemampuan sihir yang sama untuk mengembalikan mood Anda.

Penelitian mengatakan mengenai pengaruh  musik pada pekerjaan, ditemukan bahwa  bahwa orang yang mendengarkan musik mampu memenuhi tugasnya lebih cepat dan memiliki ide-ide lebih baik. Salah satu penyebabnya adalah karena musik  meningkatkan mood.

Apabila Anda sedang penat dengan pekerjaan, ambilah waktu sejenak, lalu dengarkan musik favorite Anda. Dengarkanlah selama 15 menit samapai 30 menit untuk meningkatkan konsentrasi kamu. Cobalah dengarkan Musik tanpa lirik, karena musik jenis ini adalah jenis yang paling ideal untuk menurunkan tingkat stres.

c.       Lakukan Olahraga Kecil

Lakukan perenggangan tubuh atau stretching saat bekerja, membantu Anda melancarkan peredaran darah  keseluruh bagian tubuh, juga otak. Lakukan sedikit olehraga jika tubuh dan pikiran Anda lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Hal ini tidak hanya dapat membuat Anda lebih rileks namun juga membuat menurunkan tingkat stress Anda akan pekerjaan

d.      Jangan Pernah  Menunda Pekerjaan

Sering kali Anda tidak sadar, bahwa dengan menunda pekerjaan justru menjadi pemicu kamu stres ditempat kerja. Semakin sering Anda menunda pekerjaan, akan semakin menumpuk pekerjaan Anda nantinya. Kerjakanlah pekerjaan kamu dengan segera, buatlah dafar prioritas pekerjaan. Dengan begitu akan membantu Anda bekerja secara efektif dan displin. Pekerjaan yang lebih cepat selesai akan  membuat otak dan hati Anda lebih nyaman karena tidak harus terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan.

e.      Gunakan Waktu Istirahat Dengan Efektif

Memanfaatkan sela-sela waktu istirahat salah satu cara mengurangi stres Anda ditempat kerja. Saat istirahat tiba, sempatkan diri Anda untuk keluar kantor mencari jajanan atau sekedar nongkrong ditempat makan  bersama rekan kerja lain. Selain membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja lain, kegiatan ini juga dapat membuat Anda sejenak melupakan  rutinitas pekerjaan dan tekanan yang mungkin sedang Anda hadapi.

f.        Buatlah Tempat Kerjamu Nyaman

Kondisi tempat kerja yang tidak nyaman seperti tempat kerja yang berantakan, panas, dan bau akan semakin menambah bebab otak saat menyelesaikan suatu tugas/pekerjaan yang akhirnya menjadi  salah satu pemicu tingkat stres yang tinggi di tempat kerja. Oleh karena itu, aturlah tempat kerja Anda agar Anda merasa betah dan nyaman berada di tempat kerja Anda.

g.       Motivasi Diri

Salah satu cara untuk mengembalikan mood Anda saat bekerja setelah stres dengan banyaknya pekerjaan dikantor  adalah dengan memotivasi diri sendiri. Caranya, ingatlah apa yang menjadi motivasi awal Anda bekerja dulu.  Entah itu rencana masa depan seperti melanjutkan pendidikan, menabung untuk biaya pesta pernikahan ataupun rencana membangun sebuah usaha yang telah Anda impikan sejak dulu. Ingatlah harapan-harapan indah Anda  ketika stres dipekerjaan datang menghampiri.

h.     Grateful!

Setiap orang memang mempunyai kecendrungan mengalami stres dengan cara yang berbeda. Tinggal bagaimana Anda mengendalikannya saja. Tips-tips diatas dapat Anda coba lakukan ketika Anda mengalami stres dalam pekerjaan. Selani itu, Be Grateful! Apapun pekerjaan Anda,  bersyukur adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres Anda, bersyukurlah dengan hidup dan pekerjaan yang Anda dapatkan sekarang, karena banyak orang diluar sana yang menginginkan posisi yang Anda tempati sekarang. 

 

 

(Cari Rumah / Jual Rumah / Sewa Rumah di Ray White)

Share