logo-raywhite-offcanvas

10 Oct 2021

Afirmasi : Kebiasaan Sederhana yang Mengubah Hidup Anda

Afirmasi : Kebiasaan Sederhana yang Mengubah Hidup Anda

Kita hidup di dunia ini tentunya sering dihadapkan kepada banyak situasi yang mengharuskan sebuah pengambilan keputusan, bahkan keadaan kita yang sekarang pun berasal dari keputusan-keputusan yang kita buat di masa lalu, sebagai makhluk yang dibekali dengan pemikiran yang kompleks serta kemampuan manusia memiliki kebebasan penuh tentang apa yang hendak ia lakukan, hal ini membawa kita dapat membangun rasa percaya diri di dalam kehidupan.

Kita dilahirkan dan bertumbuh dalam lingkungan masing-masing dengan keragaman budaya, bahasa, warna kulit, perbedaan iklim, dan banyak aspek yang menjadi pendukung kehidupan yang mana aspek tersebut terjadi  tanpa bisa kita kontrol dan berproses secara alami. 

Hal yang menarik dari kehidupan kita adalah ketika kita dapat memikirkan banyak hal sebelum melakukan sebuah tindakan, semua tingkah laku adalah produk dari buah pikiran dan diputuskan untuk dilakukan, namun tidak semua hal yang dihasilkan pikiran itu baik bagi kita sendiri, hal ini dilandaskan dengan apa yang kita yakini.

Kemampuan ini akhirnya membuat kita dapat melakukan komunikasi dengan sesama.

Buah pikiran sendiri berasal dari pengalaman indera yang kita miliki, apa yang kita lihat, kita dengar, kita cium dan rasakan membentuk informasi di dalam pikiran kita masing-masing, informasi yang ada beragam dapat berupa hal positif maupun hal negatif, informasi yang menjadi stimulasi emosi kita yang menggerakkan kita untuk bereaksi.

Sebuah tindakan akan muncul ketika seseorang memiliki keyakinan untuk melakukan suatu hal, dan didorong oleh keputusannya sendiri, dan secara psikologi manusia sanggup memberikan berbagai-bagai dorongan di dalam kehidupannya, hal ini sering disebut dengan afirmasi. Apa itu afirmasi? Lalu bagaimana peranan afirmasi di dalam kehidupan? Selanjutnya akan kita bahas.

Pernahkah anda mengalami putus asa, atau kecewa, atau mendapatkan kegagalan di dalam diri anda? Tentunya semua manusia pernah mengalaminya, situasi saat anda sedang kecewa benar-benar terasa sangat berat bukan, mau melakukan apapun terasa sangat malas. Namun setelah selang beberapa waktu anda siap untuk bangkit lagi dan menjalani kehidupan, darimana datangnya rasa semangat itu lagi? Inilah sebuah kualitas diri yang perlu anda ketahui, yaitu kemampuan manusia untuk bisa recovery dan bangkit dari kemalangan atau kegagalan yang pernah dialami dan sebuah afirmasi mengambil peranan penting di dalamnya.

 

Apa Itu Afirmasi?

 

Dikutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Afirmasi berarti penegasan positif; penetapan; peneguhan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang positif, ini adalah rahasia banyak orang sukses dan berhasil di dalam kehidupannya, bentuk afirmasi positif dapat berupa kalimat-kalimat yang ditujukan kepada diri sendiri untuk meningkatkan kepercayaan diri dan memotivasi diri untuk kemajuan kepada hal-hal yang positif.

Kesuksesan itu akan datang kepada orang yang tidak hanya gigih, namun juga orang-orang yang berpikir dan bersikap positif. Jika anda mempelajari betapa uniknya cara tubuh dan otak bekerja sebagian besar dipengaruhi dengan apa yang anda yakini dan percaya, baik itu berupa value kehidupan maupun nilai-nilai yang lain.

Teori psikologi yang menunjukkan kunci afirmasi positif dan telah teruji secara penelitian empiris bahwa manusia yang menegaskan hal yang diyakini secara positif kepada diri sendiri dapat mempertahankan rasa integritas dirinya sesuai dengan self-affirmation theory (Steele, 1988), dengan demikian manusia yang berintegritas dapat menjaga dirinya untuk mengontrol hasil moral.

Afirmasi ini mengambil peranan penting untuk membantu mengubah pola pikir anda dan juga secara perlahan-lahan mempengaruhi alam bawah sadar anda yang bekerja mengubah perilaku anda, secara sederhana afirmasi ini muncul dari bentuk kata-kata yang anda ucapkan setiap harinya.

Beberapa contoh kalimat afirmasi kepada diri sendiri adalah sebagai berikut:

  • “Saya mempunyai tubuh yang sehat dan energi yang melimpah
  • “Masa depan saya tidak bergantung kepada masa lalu saya”
  • “Saya mempunyai kendali penuh atas cara saya merespon segala situasi

 

Dari kalimat-kalimat tersebut terlihat jelas bahwa anda sedang memberikan sebuah motivasi diri yang positif sehingga anda bersiap untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Afirmasi positif sangat berperan penting di dalam kehidupan anda sehari-hari, dalam pekerjaan anda, dalam hubungan anda dengan orang lain, sehingga anda memberi ruang kepada diri untuk belajar hal-hal yang positif lebih lagi.

Ada banyak orang sukses yang kita tahu di dunia ini memiliki cara berpikir yang positif juga, karena afirmasi itu lah yang akan mengendalikan tindakan kita, afirmasi positif juga membuat anda dapat berpikir jernih untuk mencari sebuah solusi ketika ada masalah, berpikir negatif hanya akan menambah masalah baru dan membuat anda kesulitan dalam menjalani kehidupan.

 

Keuntungan Afirmasi Positif pada Diri

kruntungan-afirmasi-positif-pada-diri

Mengapa harus melakukan afirmasi diri? Apa untungnya? Sederhananya manusia yang hidup pasti mengalami hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginannya, hidup di dunia ini tidak berjalan dengan mulus, selalu ada tantangan yang sebenarnya jika direspon dengan baik akan menjadi pembelajaran hidup yang berharga dan menumbuhkan anda.

Anda pasti pernah merasa terpuruk, atau tiba-tiba ada berita duka datang yang membuat anda sedih dan putus asa, namun afirmasi positif yang sering anda lakukan menjadi habit anda sebelumnya akan membantu anda untuk melihat spektrum yang lebih besar dan tahu kapan harus move on, seperti yang telah tertulis di atas sebelumnya jika afirmasi itu menentukan tindakan anda.

Afirmasi positif akan menjadi doktrin dalam pikiran anda, yang menuju kepada kebiasaan, anda akan membentuk karakter-karakter yang akan menjadi identitas kepada lingkungan. Manfaat dari afirmasi dapat anda lihat di bawah ini:

 

  • Membuat diri Lebih Bahagia

Pernahkah anda merasa senang ketika melakukan hal positif, misalnya ketika anda memutuskan untuk membantu orang lain dan anda tahu bahwa hal itu adalah hal yang baik, hasilnya anda akan merasa bahagia setelahnya, hal ini terjadi karena anda meyakini hal yang positif, jangan lupa bahwa hal positif yang kita pikirkan akan menghasilkan hasil yang positif juga.

Atau saat memiliki afirmasi untuk “memegang kendali penuh akan respon anda terhadap situasi” sebagai contohnya anda sedang berjalan-jalan dan tiba-tiba ada orang yang tidak sengaja nyaris menyenggol anda, anda bisa saja marah namun reaksi selanjutnya apa? Ada banyak kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dan konsekuensinya.

Anda marah sejenak namun tidak langsung bertindak karena sebenarnya keadaanya cuma “nyaris” dan anda tidak apa-apa, konsekuensinya anda bisa melanjutkan perjalanan anda lagi dengan biasa.

Atau yang kedua, anda marah dan akhirnya melontarkan kata-kata yang kurang pantas karena anda merasa diri anda hampir ditabrak (padahal anda tidak apa-apa) di situasi ini anda tidak mengontrol emosi anda dan membiarkan ego anda menguasai diri anda, konsekuensinya anda akan menjadi badmood dan tidak bisa berpikir dengan jernih, parahnya lagi jika hal itu pada akhirnya menuju kepada pertengkaran hingga perkelahian, lalu anda babak belur atau sebaliknya namun masalah pasti akan panjang jika sudah ada unsur kekerasan di sana.

kemungkinan bisa melibatkan pihak yang lebih banyak lagi bayangkan saja gara-gara anda tidak dapat mengontrol emosi anda berurusan dengan pihak kepolisian atau anda menghabiskan uang untuk biaya pengobatan, tentunya hal ini tidak akan membawa kebahagiaan bagi anda.

 

  • Menjauhkan Diri dari Depresi

Depresi bukanlah hal yang dapat dipandang ringan, depresi disebabkan oleh banyak aspek namun sebenarnya sumber utama adalah pikiran. Ketika afirmasi negatif yang masuk lebih banyak di dalam pikiran anda maka sudah barang pasti anda akan selalu memikirkan hal-hal negatif yang bahkan belum terjadi, di fase ini anda akan menjadi overthinking atau lebih parah lagi mencari pelampiasan lain.

Hal sederhananya adalah ketika anda tidak mendapatkan apa yang anda inginkan, nah di sini muncul lagi peranan dari afirmasi, jika saat gagal anda memikirkan betapa tidak bergunanya dan betapa lemahnya anda maka pikiran negatif itu akan terus ada di sana, walaupun pada kenyataannya anda gagal sekarang namun masih punya waktu untuk memulai kembali.

Kegagalan adalah bagian dari kehidupan untuk kita belajar bukan untuk menghukum kita. Belajar dari kegagalan tentu dimulai dari mengidentifikasi apa yang membuat anda gagal, jika itu dari kurangnya persiapan maka anda akan belajar untuk bersiap, jika itu karena anda belum memahaminya, maka dari kegagalan anda sudah memahaminya, selalu ada waktu untuk memulai kembali selagi anda masih diberikan kesempatan hidup, nah afirmasi positif seperti “aku bisa dan akan terus memberi yang terbaik” akan memotivasi anda daripada “aku gagal dan tidak tau apa-apa” hasil dari afirmasi diri ini sangat nyata. Dalam penelitian sendiri telah terbukti jika afirmasi atau penegasan diri mengurangi stress dan depresi yang merusak kesehatan (Sherman et al., 2009; Critcher & Dunning, 2015)

 

  • Meningkatkan Kesehatan

Ada sebuah riset yang mengatakan bahwa penyakit manusia sebagian besar muncul dari pikiran. Jika dilihat-lihat ada benarnya karena pikiran yang akan memberikan stimulasi kepada tubuh untuk bertindak, obesitas muncul dikarenakan orang memilih untuk makan secara berlebih dan tidak melakukan olahraga, karena pikirannya cuma tahu tentang makanan tanpa tahu tentang dampaknya terhadap tubuh.

Terus-terusan khawatir juga akan menurunkan semangat hidup, seperti ketika anda terkena penyakit dan anda berpikir penyakit ini sangat gawat, alam bawah sadar anda bisa saja membuat anda berpikir “ah buat apa minum obat lagi” berhati-hatilah dengan pikiran yang menurunkan semangat anda.

Tubuh kita telah dirancang sedemikian rupa dari Sang Pencipta untuk menjadi penyembuh alami atas berbagai penyakit, namun tahukah anda jika tubuh dikontrol oleh pikiran? Jika pikiran penuh dengan afirmasi positif disaat sakit pun orang pasti akan mau sembuh dan tindakannya untuk sembuh itu dapat berupa ingin minum obat teratur, makan yang sehat, fokus penyembuhan dll.

Afirmasi positif yang meningkatkan kesehatan juga dapat berupa keputusan anda yang mulai rutin berolahraga dan makan-makanan yang sehat, pikiran positif akan menimbulkan kebahagiaan dan kebahagiaan memberikan kesehatan, lihatlah betapa pemikiran itu mengambil peranan penting bagi kehidupan.

 

  • Tumbuhnya Kepercayaan Diri

Percaya diri adalah aspek kehidupan yang ingin dimiliki semua orang, dalam bersosialisasi orang yang percaya diri akan mendapatkan banyak peluang mendapatkan ilmu yang baik, berkomunikasi dengan orang lain pun akan terasa sangat menyenangkan ketika anda percaya diri. Percaya diri dan afirmasi positif sudah menjadi satu paket yang tidak dapat dipisahkan, mengapa demikian? Lihatlah betapa beragamnya dunia ini, anda akan menemukan orang-orang yang lebih di atas anda dalam berbagai aspek dan sangat mudah bagi anda untuk mundur dan mengeluh dengan keadaan anda dan tidak menjadi percaya diri.

afirmasi positif yang cocok untuk hal ini adalah “saya percaya dengan kemampuan saya dan saya pasti bisa” kata-kata yang lebih tepatnya untuk memberi apresiasi pada diri dan bersyukur adalah kuncinya, dengan demikian anda mempersiapkan diri anda untuk belajar dan mengembangkan diri karena sikap positif anda pada awalnya.

Orang yang bahkan tidak dapat memuji diri sendiri dan melihat hal baik tentang dirinya tidak akan dapat bertumbuh karena dia tidak mau belajar, dan situasi ini sering anda temui dalam kehidupan sehari-hari bukan, ada orang yang terlahir tidak sempurna secara fisik atau mengalami keterbatasan jauh lebih memiliki kemampuan daripada orang yang lahir secara sempurna namun kerjaannya mengeluh terus dan tidak mau berusaha.

 

  • Memberikan Kenyamanan Diri

Kenyamanan diri akan terbentuk dengan keyakinan kepada diri sendiri, dan afirmasi positif. Anda tidak akan menghabiskan waktu membandingkan diri dengan orang lain dan mengeluh karena nasib anda dengan si A tidak sama. Afirmasi positif akan membuat anda lebih menyadari keadaan anda, dan mengetahui area mana yang anda butuh berkembang, jika anda gagal anda sudah tahu bahwa itu memang wajar terjadi dan anda siap untuk move on.

Rasa nyaman akan menumbuhkan rasa percaya diri dan anda akan menjadi orang yang positif.

Afirmasi dan penegasan diri yang positif ini berpengaruh di dalam alam bawah sadar anda, maka semua hal yang anda katakan itu lambat laun akan menjadi keyakinan anda dan menjadi gaya hidup.



Memulai Afirmasi Diri Sendiri

mulai-afirmasi-diri

Setelah mengetahui banyak manfaat dari afirmasi positif  pada diri mungkin anda bertanya-tanya bagaimana memulainya, kapankah afirmasi ini dapat berlaku kepada diri sendiri?

Pertama tama anda harus meyakini jika hari ini dan esok adalah hari yang berbeda, hari ini anda boleh gagal namun esok adalah hari baru dimana anda bisa memulainya dengan segar dan baru. Anda harus belajar berdamai dengan masa lalu, memang hari ini ada konsekuensi yang terjadi akibat keputusan di masa lalu, namun dengan afirmasi positif anda akan menemukan cara pandang yang baru dan siap menjalani kehidupan.

Ketahuilah bahwa di dunia ini ada hal negatif dan hal positif, kebahagiaan dan kemalangan, dan tidak ada satu manusiapun yang terluput, dengan afirmasi positif anda akan siap menghadapi situasi apapun selama anda masih hidup akan selalu ada kesempatan untuk menjadi lebih baik.

Awali hari dengan bersyukur, karena dengan demikian anda mengundang hal positif lebih banyak lagi kepada diri sendiri, meskipun situasi dan keadaan tidak dapat ditebak, anda juga dapat melihat contoh-contoh afirmasi positif melalui internet dan tontonlah video motivasi yang menunjukkan kapasitas dan membuat anda mengerti kemampuan sendiri.

Afirmasi positif ini nyata adanya, anda bisa mengujinya dengan melihat kehidupan orang yang memiliki afirmasi positif dengan yang tidak, atau anda ingin mengujinya sendiri?

Afirmasi positif ini akan terus berjalan dan berkelanjutan di dalam kehidupan dan menjadi sebuah gaya hidup, kita akan menjadi orang yang berbeda dan berubah menjadi lebih baik dari sekarang dari segala hal, baik dalam tanggung jawab, dalam kepercayaan diri, dengan cara kita bekerja dan berkomunikasi dengan orang lain.

Hal-hal yang berupa pemikiran positif haruslah menjadi kesukaan kita agar kita dapat memberikan yang terbaik.

Jika berbicara dalam hal terbaik Ray White juga terus memberikan yang terbaik dalam bidang real estate.

Ray White adalah agen properti terbaik, yang bahkan di saat pandemi mempengaruhi sektor ekonomi Ray White terus memberikan hasil yang baik, terbukti dengan penghargaan yang diraih dari Top Brand Awards selama 9 kali berturut turut, ini adalah bukti betapa afirmasi positif terus menjadi yang utama, terus melihat potensi terbaik dan memberikan yang terbaik pula. Ray White akan selalu sedia dan memberikan informasi properti bagi anda.




Ingat Property, Ingat Ray White!

Source : Ray White, Tribunnews, pendidikan, merdeka, unsplash

Share