logo-raywhite-offcanvas

26 Oct 2022

Tok! Aturan DP 0% Rumah dan Kendaraan Bermotor Dilanjut Sampai Tahun Depan

Tok! Aturan DP 0% Rumah dan Kendaraan Bermotor Dilanjut Sampai Tahun Depan

Bank Indonesia (BI) memperpanjang relaksasi kebijakan loan to value (LTV) untuk properti dan uang muka kendaraan bermotor senilai 0 persen. Gubernur BI, Perry Warjiyo mengungkapkan kebijakan ini diambil untuk dapat mendorong penyaluran kredit perbankan.

Kebijakan ini di perpanjang setahun, semula akan berakhir di akhir tahun 2022 ini. Alasannya, BI melihat fungsi intermediasi perbankan maksimal dalam melanjutkan perbaikan dan mendukung pemulihan ekonomi. Tercatat pertumbuhan kredit pada September 2022 tercatat sebesar 11,00% secara tahunan atau year on year (yoy).

Perry menjelaskan, ini adalah kelanjutan dari implementasi kebijakan makroprudensial akomodatif untuk mendorong penyaluran kredit, atau pembiayaan perbankan kepada dunia usaha. Salah satunya adalah melanjutkan pelonggaran rasio Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) Kredit/Pembiayaan Properti menjadi paling tinggi 100% untuk semua jenis properti, baik itu rumah tapak, rumah susun, serta ruko.

"Ini berlaku bagi bank yang memenuhi kriteria NPL/NPF tertentu, dan menghapus ketentuan pencairan bertahap properti inden untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor properti dengan tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko, berlaku efektif 1 Januari 2023 sampai dengan 31 Desember 2023," kata Perry.

Dengan adanya fasilitas ini maka masyarakat berkesempatan untuk membeli rumah menggunakan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tanpa membayar uang muka alias DP nol persen.

Kemudian BI juga melanjutkan pelonggaran ketentuan Uang Muka Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor menjadi paling sedikit 0 persen, untuk semua jenis kendaraaan bermotor baru. Langkah ini ditempuh untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif. 

Perbaikan ekonomi domestik terus berlanjut. Perekonomian dalam negeri pada kuartal III diprakirakan akan terus membaik ditopang oleh peningkatan konsumsi swasta, kuatnya ekspor, serta daya beli masyarakat yang masih terjaga di tengah kenaikan inflasi.

Berbagai indikator September 2022 dan hasil survei BI terakhir, seperti keyakinan konsumen, penjualan eceran, dan Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur mengindikasikan terus berlangsungnya proses pemulihan ekonomi dalam negeri. 

Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi 2022 diperkirakan akan tetap bisa ke atas dalam kisaran proyeksi BI pada kisaran 4,5-5,3 persen.

Seperti diketahui, pasalnya selama 3 bulan terakhir, BI telah menaikkan suku bunga cukup agresif menjadi sebesar 125 basis poin menjadi 4,75 persen. Hal ini tentu akan berdampak pada penyaluran kredit perbankan. Sementara itu, penyaluran kredit ini dibutuhkan agar pertumbuhan ekonomi nasional tetap terjaga. Untuk itulah, insentif bagi sektor properti dan otomotif dibutuhkan.

Wujudkan Rumah Impian, CIMB Niaga Hadirkan Suku Bunga Rendah 4,5%

Sektor perumahan merupakan salah satu penggerak perekonomian nasional di tengah tekanan pandemi COVID-19. Karena itu bank terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat yang semakin mendesak terutama di tengah pandemi dan ancaman pemanasan global.

PT Bank CIMB Niaga Tbk, menawarkan Suku bunga/margin Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang terjangkau mulai 4,5% fixed rate 3 tahun sehingga mempermudah masyarakat mendapatkan properti idaman.

KPR Xtra CIMB Niaga sendiri merupakan fasilitas pembiayaan konsumer yang dapat digunakan untuk tujuan pembelian rumah, apartemen, ruko, alih pinjam (take over), renovasi rumah, multiguna, maupun Top Up. Bank CIMB Niaga menyediakan KPR untuk Anda yang ingin membayar cicilan dengan bunga ringan. Kredit rumah ini diklaim punya bunga variatif dan proses cepat dengan tenor hingga 25 tahun.

Mortgage Sales Head Area Jak 1 & 3 CIMB Niaga, Hendar Dwi Warsono, mengatakan kebutuhan rumah di Indonesia masih sangat tinggi, baik untuk rumah pertama maupun sebagai investasi. CIMB Niaga, lanjut Hendar, berupaya memenuhi kebutuhan tersebut dengan memberikan  skema cicilan yang terjangkau bagi rakyat Indonesia, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Cukup banyak keuntungan yang ditawarkan dari KPR Xtra Manfaat CIMB ini. Syarat untuk mengajukannya juga terbilang sangat mudah, Anda dengan minimal usia 21 tahun sudah bisa mengajukan program KPR Xtra CIMB Niaga ini. Jadi, jika Anda memiliki rencana rumah untuk masa depan, KPR Xtra CIMB Niaga ini bisa menjadi solusi untuk memiliki hunian idaman sendiri.

"CIMB Niaga menyediakan Produk dan fitur sesuai kebutuhan nasabah seperti KPR Xtra Manfaat, dimana nasabah bisa mendapatkan benefit dengan membayar bunga KPR hingga Rp0,- melalui bundling dengan tabungan nasabah. Nasabah bisa menggunakan benefit tersebut untuk mengurangi angsuran bulanan atau memperpendek jangka waktu KPR sehingga bisa lunas lebih cepat dari waktu normal. Adapun dana tabungan bebas digunakan nasabah untuk transaksi” jelas Hendar.

Masyarakat Indonesia bebas memilih properti terbaik dari mitra pengembang pilihan CIMB Niaga, bebas persyaratan pengajuan yang rumit, dan bebas dari kekhawatiran angsuran naik tiba-tiba.

"Pengajuan KPR akan sangat mudah karena dilakukan secara online dengan e-Form KPR Xtra CIMB Niaga yang dapat diakses melalui Octo Mobile by CIMB Niaga, Website CIMB Niaga”, tutup Hendar.

CIMB Niaga sebagai Bank yang fokus dalam pembiayaan perumahan selalu berupaya untuk menjadi solusi pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat memiliki hunian idaman. Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui komunikasi dan kolaborasi dengan para stakeholder bisnis properti, baik itu mitra pengembang ataupun tenaga penjual agen properti. 

Eksistensi dan peran agen properti sebagai tenaga penjual properti juga memiliki peran penting dalam bisnis properti yang kini menjadi salah satu motor pertumbuhan ekonomi. Kolaborasi memberikan kemudahan kepada konsumen agen properti berupa uang muka ringan, angsuran terjangkau dengan jangka waktu panjang, dan angsuran secara berjenjang.

Dewasa ini, sudah ada banyak agen properti di Indonesia. Biasanya, satu agen akan memegang ratusan listing rumah dijual di satu area. Namun reputasi dari agen properti sendiri tidak selalu baik di mata masyarakat umum, khususnya terkait banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan agen properti. Tapi jika Anda berhati-hati dan teliti, beli rumah lewat agen properti dapat memberikan banyak keuntungan.

Salah satu keunggulan dari beli rumah lewat agen properti adalah legalitasnya yang terjamin. Tentunya, ini menjadi nilai plus terutama bagi Anda yang masih awam dan belum mengetahui cara mengecek legalitas developer. Masih ada hubungannya dengan kepraktisan, ketika Anda menggunakan agen properti, otomatis Anda bisa menyerahkan urusan mengurus akta jual beli (AJB) rumah di notaris kepada agen  tersebut. 

Selain AJB, agen properti juga bisa mempermudah Anda dalam mengurus dokumen rumah yang baru dibeli, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Bea Balik Nama (BBN), Pajak Penghasilan (PPH).

Dalam hal ini, CIMB Niaga menjalin kolaborasi dengan Ray White. Ray White merupakan agen properti terbaik yang telah berdiri selama 25 tahun di Indonesia dan menjadi agen properti terpercaya nomor satu di Indonesia serta tercatat sebagai anggota AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). Ray White telah hadir di industri properti global selama lebih dari 120 tahun, lebih dari 1.000 kantor di seluruh Australia, Selandia Baru, China, Hong Kong, Timur Tengah, Amerika dan terlebih khusus di Indonesia sejak 1997.

Ray White telah banyak mengantongi rentetan penghargaan dari berbagai instansi. Ray White kembali memenangkan penghargaan Top Brand 2022, kategori Agen Properti selama 10 tahun berturut-turut. Tentunya penghargaan-penghargaan yang telah diraih telah membuktikan kiprah kerja sukses Ray White sebagai market leader di industri property.

"Properti solution, Ray White in Action"

Source: detikcom

Share