logo-raywhite-offcanvas

07 Oct 2021

Feng Shui : Desain Rumah Minimalis yang Mendatangkan Energi Positif

Feng Shui : Desain Rumah Minimalis yang Mendatangkan Energi Positif

Sejak tahun 2020 hingga 2021 saat ini , seluruh dunia menghadapi masa-masa yang tidak mudah, masa-masa krisis yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19, hal ini tentunya mendatangkan dampak yang berbeda-beda di dalam kehidupan manusia. Ada banyak area yang terdampak terutama di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sebagainya, dan mulai terasa dampaknya kepada kepercayaan diri masing-masing dari kita.

Salah satu sektor yang terdampak Pandemi adalah bidang real estate, yang mana sekarang ini ada banyak properti yang mengalami nilai jual yang turun, dengan jumlah stok yang bertambah namun permintaan berkurang, namun harus ada kepercayaan bahwa badai pasti berlalu, akan ada hal yang baik yang terjadi setelah masa pandemi ini selesai. Tahukah anda bahwa desain di dalam rumah anda dapat membantu anda terhindar dari stress, anda bisa melakukan modifikasi rumah dengan mempelajari warna-warna menarik yang juga memiliki makna tersendiri seperti warna feng shui.

Di masa sekarang ini yang paling penting adalah mencari gagasan dan filosofi yang benar yang bisa menambah gairah hidup di tengah pandemi, perubahan besar yang terjadi di dalam diri kita saat ini seperti diharuskan untuk tetap di rumah saja, menghindari kontak fisik yang banyak, tentunya akan menumbuhkan rasa jenuh dan lelah di dalam diri anda.

ide untuk menghindari rasa jenuh di rumah bisa dimulai dengan mempelajari desain feng shui, yang memiliki banyak sekali makna yang bukan sekedar meletakkan perabotan, anda bisa menemukan inspirasi baru serta dapat melakukan perubahan desain yang akan menambah semangat anda untuk bekerja dari rumah, dan salah satunya adalah desain rumah minimalis menurut feng shui.

 

Apa Itu Feng Shui?

 

Secara singkatnya feng shui adalah ilmu topografi (ilmu tentang permukaan bumi) kuno yang berasal dari Tiongkok yang mempercayai keharmonisan antara  manusia, bumi secara geografi, dan langit secara astronomi, ilmu yang mengutamakan keseimbangan di dalam kehidupan yang menerima energi positif yang akan menambah kedamaian di dalam kehidupan.

Di dalam feng shui sendiri ada lima elemen yang saling mendukung satu sama lain dilansir dari wikipedia yaitu:

  • Elemen Tanah : elemen tanah dipercaya membantu untuk menumbuhkan dan memberikan kestabilan.
  • Elemen Logam : elemen logam mengacu kepada ketajaman dan kekuatan mental, dan juga mempengaruhi kecerdasan
  • Elemen Kayu : Elemen yang mewakili kreativitas dan pertumbuhan, yang membantu pertumbuhan pribadi serta intuisi
  • Elemen Api : elemen api merupakan ekspansi dan transformasi, elemen ini dipercaya menjadi yang paling stabil diantara lima elemen lainnya.
  • Elemen Air : Elemen yang digunakan untuk relaksasi, inspirasi, dan juga berguna untuk pembaharuan.

Feng shui sendiri memiliki hubungan yang sangat erat dalam pembangunan rumah, bagi anda yang ingin menerapkan feng shui dalam membangun atau mendesain rumah tentu mengerti tujuan daripada ilmu ini, yaitu dengan membawa unsur positif (Qi = dibaca “chi”) di dalam rumah anda.

Sangat menarik jika dilihat unsur dari feng shui sangat erat kaitannya dengan materi pembangun sebuah rumah atau hunian.



Feng shui dan Desain Rumah

desain-feng-shui-mendatangkan-energi-positif

Siapa yang tidak menginginkan hal positif datang ke dalam kehidupannya? Tentu semua orang ingin bukan, desain feng shui untuk rumah hunian sendiri secara awam dapat dilihat manfaatnya dengan sangat masuk akal, dan mendukung nilai-nilai desain rumah yang sehat dan nyaman untuk anda tinggali karena feng shui sendiri memiliki beberapa perhitungan yang membuat anda tidak asal membangun dan meletakkan rumah lalu membongkarnya lagi karena anda tidak puas.

Karena peletakkan bangunan rumah yang baik dipercaya akan membawa keberuntungan bagi anda.  Beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin memulai membangun hunian yang nyaman menurut feng shui adalah sebagai berikut :

  • Memperhatikan Bentuk Kavling Rumah

Sebelum membeli sebuah tanah sebuah observasi harus anda lakukan, menurut feng shui, tanah kavling yang baik adalah yang berbentuk persegi panjang dan yang tidak mengecil ke belakang, hal ini sangat masuk akal mengingat kavling yang bentuknya tidak berbentuk persegi akan menyulitkan anda dalam membuat desain serta menentukan bahan bangunan nanti.

 

  • Memperhatikan Kontur Tanah

Kontur tanah atau permukaan tanah juga tidak dapat diabaikan, tanah yang bagian belakangnya lebih tinggi adalah bentuk tanah yang sangat baik di dalam feng shui karena dipercaya akan memberikan kemakmuran lebih kepada penghuninya, hal ini juga akan memudahkan anda jika pada cuaca ekstrim seperti hujan deras maka anda tidak perlu khawatir akan banjir dan genangan air karena bentuk tanah anda yang lebih tinggi.

 

  • Menerapkan Konsep Terbuka

Rumah dengan konsep terbuka ada banyak jenis nya, rumah jenis ini juga secara bentuk dan desain akan memberikan suasana lega dan sejuk, ditambah lagi dalam feng shui rumah konsep terbuka berarti mengundang kemakmuran serta mengundang orang-orang dengan dampak pemikiran positif yang juga akan menambah energi positif, hal ini juga akan sangat membantu anda, dengan konsep terbuka tentu tidak banyak perabotan yang membuat rumah kelihatan sesak.

 

  • Tidak Menata Dengan Sembarangan

Urusan penataan memang terkadang menjadi hal yang sepele yang sering diabaikan, akan tetapi di dalam feng shui beberapa penataan mengandung makna yang akan mengundang energi positif di dalam rumah anda, semisal contoh dengan peletakkan dapur dan kamar mandi yang tidak boleh berada di tengah ruangan, karena pemisahan dari unsur panas dan dingin menjadi hal yang penting dalam rumah desain feng shui.

Ditambah lagi para pakar feng shui sangat meyakini jika bagian tengah rumah adalah jantung dari berkumpulnya semua energi positif, tidak hanya dapur juga jika anda ingin membangun sebuah rumah dengan dua tingkat, sebaiknya tidak meletakkan tangga di tengah ruangan juga, dan juga posisi tidak langsung berhadapan dengan pintu masuk dikarenakan energi positif yang dipercaya tidak akan berada di dalam rumah lebih lama.

Hal yang menarik lainnya adalah pembangunan ruang tengah yang harus mengutamakan kenyamanan, karena juga dapat mempengaruhi kondisi psikologis penghuni rumahnya, ruang tengah haruslah nyaman dan dapat menjadi tempat beristirahat yang baik bagi keluarga, bayangkan saja jika anda lagi bersantai di ruang tengah yang juga di sana ada kamar mandi, tentunya suasana akan sangat tidak nyaman.

 

  • Hiasan Berupa Tanaman

Tanaman yang menjadi hiasan rumah dipercaya berguna untuk mendatangkan keharmonisan di dalam rumah, elemen ini dapat membawa energi positif di dalam rumah dan membawa kesejukan dan peletakkan tanaman pun menjadi pertimbangan di dalam feng shui.

 

  • Memiliki Jalan Setapak

Feng Shui juga memperhatikan alangkah baiknya sebuah rumah memiliki jalan setapak yang menuntun dari depan rumah atau jalanan menuju pintu masuk, atau jika anda memilih untuk membangun pintu gerbang, pembuatan jalan setapak adalah sebuah keharusan di dalam feng shui dan dibuat terbuka dan luas.

 

  • Posisi Pintu Masuk

Pintu Masuk Merupakan akses utama dari hal positif yang akan masuk ke dalam rumah anda, sebab itu di dalam feng shui dalam meletakkan serta memilih bahan material dari pintu masuk anda sangatlah penting. Jika pintu masuk menghadap arah selatan, utara, tenggara, timur laut, disarankan memakai pintu dengan berbahan kayu karena dipercaya dapat menepis energi negatif, sementara arah barat dan barat daya juga bisa menggunakan bahan kayu dan logam. 

Lalu dengan pemilihan warna pintu juga dipengaruhi oleh arah dari pintu itu sendiri karena warna dapat mempengaruhi rezeki sang pemilik rumah, jika pintu menghadap timur maka pilihlah warna cat coklat kayu, abu-abu dan biru tua, jika menghadap selatan pilihlah warna coklat kayu, jika menghadap barat pakailah cat berwarna putih dan kuning muda, jika menghadap utara gunakanlah warna putih dan coklat. 

Ukuran dari pintu juga sangat berpengaruh di dalam feng shui dalam mendatangkan rezeki dimulai dari tinggi pintu ideal 252-262,5 cm, 231-241 cm, 210-219 cm, dan dengan lebar 123,5-134 cm, 102-112,5 cm, 80,5-91 cm.

Memasang pintu juga harus memperhatikan jarak antara pintu dengan lantai, karena jika terlalu sempit akan sulit terbuka nantinya kalau pintu anda mengalami perubahan bentuk akibat suhu dan cuaca, serta tidak terlalu lebar untuk menghindari hewan-hewan yang tidak diinginkan masuk ke dalam rumah anda.

Posisi pintu juga harus diperhatikan, anda jangan membangun pintu berhadapan tepat dengan suatu benda di depannya seperti pohon ataupun meletakkan perabotan di depan pintu, wajar saja ini akan membuat anda kesulitan keluar rumah jika di depan pintu ada benda yang menghalangi, berikanlah jarak sekitar 4-5 meter dari pintu masuk.

Gerakan pintu juga disarankan menuju kearah dalam rumah, karena akan mengundang energi positif muncul, dan tentu saja akan menghindari tamu anda berbenturan dengan pintu saat anda membukanya. Menambahkan hal itu pada feng shui pintu dengan arah yang terbuka ke dalam berarti mengundang hal positif masuk sedangkan pintu dengan arah keluar berarti membuat hal positif keluar dari dalam rumah.

Menariknya, peletakkan pintu yang benar-benar menjadi perhatian utama termasuk di dalam hubungannya dengan perabotan lain di dalam rumah seperti tidak meletakkan cermin berhadapan langsung dengan pintu masuk, karena cermin merupakan benda yang memantulkan cahaya yang dipercaya membawa energi positif.

Jika cermin diletakkan langsung di depan pintu masuk maka energi positif langsung terpantul keluar lagi, tidak sampai disana, pintu juga jangan segaris lurus dengan pintu belakang karena di dalam feng shui energi positif akan masuk dan keluar begitu saja, begitu juga dengan peletakan jendela belakang jangan berhadapan langsung dengan pintu depan, jika sudah terlanjur dengan desain ini maka tidak usah khawatir, anda bisa mengatasinya dengan tidak membuka pintu secara bersamaan, misalnya pintu depan terbuka dan pintu belakang tertutup begitu juga sebaliknya.

Selain dari tidak segaris dengan pintu belakang, pintu masuk juga jangan menghadap tembok langsung, karena akan menghalangi energi positif masuk, sebaiknya area pintu masuk dibuat luas dan juga hal ini berlaku kepada dua arah, baik ketika anda masuk dan keluar melalui pintu yang sama.

 

Landasan Feng Shui dalam Menentukan Letak Rumah

 

Dalam posisi sebuah rumah di dalam feng shui ada beberapa orientasi yang dipercaya untuk membawa keberuntungan diantaranya :

  • Orientasi pintu utama yang menghadap timur dipercaya akan membawa keberuntungan dalam hal kesehatan, orientasi utara membawa keberuntungan dalam hal karir dan bisnis, orientasi orientasi barat menguntungkan di dalam keturunan, namun semua perhitungan ini harus disesuaikan dengan kualitas yang juga dihitung oleh pakar feng shui.
  • Garis lurus dari pintu masuk ke pintu belakang dipercaya akan membuat energi positif yang masuk akan langsung keluar.
  • Orientasi peletakkan pintu kamar tidur juga arah tidur harus disesuaikan selebihnya akan dibahas pada penempatan perabotan.

 

Penempatan Perabotan

penempatan-perabotan-sanga-penting-dalam-feng-shui

Perabotan juga merupakan unsur penting dari feng shui, dimulai dari pemilihan bahan dan peletakannya semua nya memiliki makna untuk mendatangkan keberuntungan. Perabotan yang lebih menjadi perhatian adalah peletakan tempat tidur.

  • Untuk pengaturan kamar tidur sendiri, posisi ranjang sangat diperhatikan yaitu sejauh mungkin dari pintu kamar, letaknya juga jangan di depan pintu kamar atau di depan pintu kamar mandi, serta tidak membelakangi jendela kamar.
  • Hindari menempelkan salah satu sisi ranjang ke dinding, untuk keseimbangan, biasanya diletakkan benda di sebelah kiri dan kanan ranjang
  • Pada bagian kepala ranjang feng shui menghindari menempelkan bagian tersebut dengan dinding yang menjadi pembatas kamar mandi, atau dengan dinding yang dibaliknya terdapat alat elektronik.
  • Meletakkan cermin di ruang makan dan ruang keluarga dipercaya akan memberikan penggandaan rejeki berupa energi.
  • Hindari meletakkan meja makan di bawah tangga, atau posisi nya tepat di bawah kamar mandi atau toilet (apabila anda memiliki rumah bertingkat)
  • Hindari meletakkan cermin rias atau tv yang dapat memantulkan bayangan orang yang sedang tidur, karena cermin dipercaya memantulkan energi sehingga tidak dapat rileks dan beristirahat.

 

Penempatan perabotan yang begitu detail dan diperhatikan di sini juga didukung dengan warna-warna yang dipercaya terus menambah energi positif di rumah anda, dan warna-warna dalam feng shui anda dapat pelajari dan terapkan di rumah.

Secara keseluruhan anda sebenarnya juga dapat mengidentifikasi apakah rumah anda memiliki feng shui, dimulai dari eksterior hingga interior, sebuah rumah yang baik tentu menjadi impian semua orang, apalagi jika anda berencana untuk membeli sebuah hunian yang sudah jadi, sebuah kesan pertama akan menjadi penentu apakah rumah ini nyaman dan aman bagi anda.

Perhatikanlah penampilan rumah, bagaimana dengan warna cat nya, atapnya, dan apabila rumah memiliki taman periksa kondisi tanaman nya apakah terawat dengan baik, hal-hal baik yang dapat anda lihat membawa energi qi yang baik bagi kehidupan anda, rumah yang mudah ditemukan juga merupakan ciri rumah yang memiliki energi yang baik.

Setelah melihat penampilan rumah, perhatikan juga lingkungan rumah anda, identifikasi bagian mana yang baik dan yang membutuhkan perbaikan, tentu saja anda juga harus memperhatikan kondisi tetangga di sekitar anda, and tentu akan berpikir dua kali untuk membeli rumah dengan keadaan lingkungan yang tidak aman.

Sejarah rumah juga harus anda ketahui, jika anda berniat membeli sehingga anda bisa siap secara mental dan psikologi menjalani kehidupan anda di sana, jangan lupa aspek penting yaitu titik fokus anda, di dalam feng shui titik fokus sangatlah penting, sehingga anda dapat dengan mudah memperhatikan kondisi rumah anda misalnya anda sedang bersantai di ruang keluarga namun bisa dengan mudah memperhatikan pintu masuk utama anda.

Rumah dengan feng shui sangatlah menarik untuk membantu kehidupan anda menjadi nyaman dan aman, ditambah lagi saat ini kondisi pandemi yang menguras energi pikiran dan mental, anda akan sangat terbantu melihat penataan rumah yang rapi, bersih, serta dapat menjangkau fasilitas dengan mudah, dan saat ini rumah dengan desain minimalis feng shui dapat anda temukan tentunya dengan mencari informasi kepada para pihak agen properti yang terbaik.

Ray White adalah agen properti yang bisa anda andalkan, ketika anda mencari hunian atau mencari properti yang menjadi investasi di masa depan, Ray White juga akan memberikan spesifikasi listingan yang beragam yang sesuai dengan keinginan anda, dengan kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Ray White akan memberikan pelayanan terbaik untuk anda, dengan penghargaan dari Top Brand Awards selama 9 kali berturut-turut Ray White membuktikan dedikasi dan pelayanan nya yang terbaik, milikilah rumah impian anda sekarang.



Ray White, One Stop Solution for Your Property!

Source : Ray White, Wikipedia, Pinhome, 99, spacestok, unsplash, freepik

Share