logo-raywhite-offcanvas

25 Apr 2021

Homestay: Alternatif Penginapan yang Seru!

Homestay: Alternatif Penginapan yang Seru!

Dalam siklus kehidupannya setiap manusia pasti akan merasakan pengalaman tinggal di tempat yang bukan rumahnya sendiri. Situasi seperti ini terjadi karena kegiatan-kegiatan tertentu dan berada jauh dari rumah seperti di luar kota, di luar daerah, dan di luar negeri.

Kondisi ini yang pada akhirnya menjadi alasan terbentuknya sebuah fasilitas bangunan yang dikhususkan untuk para pendatang di suatu daerah untuk tinggal sementara waktu yang sekarang kita kenal dengan sebutan hotel, penginapan, villa, losmen, homestay dan lain sebagainya. Bahkan di saat pandemi, ada trend menginap walaupun di daerah sendiri dengan tujuan untuk refreshing, trend ini disebut staycation.

Sejarah mencatat pada masa Romawi telah muncul rumah-rumah penginapan yang ditujukan kepada para pelancong untuk disewa, penginapan ini disebut sebagai “mansiones” yang semakin banyak didirikan seiring dengan kegiatan bepergian jauh yang dilakukan orang-orang pada masa itu baik dengan tujuan berdagang, aktifitas militer, maupun berziarah. 

Bisnis penginapan bukanlah hal baru lagi bagi dunia perekonomian dengan banyaknya jenis tempat menginap yang kita pernah dengar, meski dalam fungsinya terlihat sama tetapi ada perbedaan yang mencolok dari pelayanan yang akan diberikan dan tentu saja harga sewa yang berbeda-beda.

Dewasa ini bisnis yang paling besar dan terkenal di bidang penginapan ini adalah hotel yang merupakan bangunan yang dikelola oleh sebuah perusahaan atau perseorangan yang bertujuan sebagai akomodasi yang menyediakan tempat menginap, penyedia makanan dan minuman, serta jasa lainnya kepada masyarakat umum yang dikelola untuk mendapatkan keuntungan (secara komersial) sesuai dengan Keputusan Menteri Parpostel (pariwisata, pos, dan hotel) no Km 94/HK103/MPPT 1987.

Bangunan yang dimaksud pun menyediakan jasa dan fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat umum setelah melakukan penyewaan seperti jasa penginapan, jasa cuci atau laundry, jasa penggunaan perabot, pelayanan makanan dan minuman, jasa menyediakan kebutuhan bagi penyewa.

Perkembangan pariwisata dalam suatu wilayah yang mendorong permintaan-permintaan akan kebutuhan penginapan tersebut, tidak hanya sampai di situ orang-orang yang melakukan perjalanan bisnis juga menjadi pendukung. Permintaan akan penginapan ini akan selalu ada namun karena keragaman spektrum ekonomi masyarakat maka terciptalah level-level penginapan yang bisa dijangkau oleh semua pihak.

Bila anda membutuhkan penginapan dengan pelayanan lengkap tentu hotel menjadi pilihannya namun harganya mungkin berbanding lurus dengan kualitas, bila mencari yang di bawah itu selalu ada pilihan dimulai dari losmen hingga yang paling unik dan cukup populer yang akan dikupas secara menarik adalah homestay.

Apa itu Homestay?

 

Homestay merupakan bentuk penginapan yang cukup populer berbeda dari hotel dan penginapan lain yang memiliki bangunan yang dikhususkan untuk tamu atau pendatang, homestay merupakan rumah penduduk yang akan menjadi kediaman pengunjung di daerah tersebut, jangka waktu tinggal pun bervariasi.

Pada perkembangannya homestay semakin dikenal dan memiliki banyak peminat apalagi jika lokasi yang strategis dan dekat dengan pusat pariwisata dipastikan akan menjadi daya tarik tersendiri dan tentu saja sebagai peluang bisnis bagi para pemilik rumah. Wisatawan menyewa homestay dalam jangka waktu yang telah disepakati bersama dengan pemilik rumah, meskipun fasilitas yang ada tidak semewah hotel, akan tetapi wisatawan dapat menikmati fasilitas untuk tidur dan mandi, meskipun ada juga tuan rumah yang menyediakan sarapan.

Homestay dalam fungsi dan penggunaanya sekarang sudah lebih berkembang ketika permintaan semakin banyak, dahulu homestay tidak bersifat komersial, artinya pengunjung tidak diminta biaya tinggal sebagai gantinya kompensasi yang disepakati bisa berupa membantu kegiatan bersih-bersih rumah dan bertanggung jawab menjaga semua properti di dalamnya, fasilitas yang ditawarkan pun tidaklah eksklusif, yang berarti tuan rumah juga turut menggunakan fasilitas yang sama sehingga rasanya seperti menjadi anggota keluarga untuk sementara waktu.

Sekarang permintaan semakin besar ditambah dengan daya tarik suatu wilayah, misalnya di daerah A telah dibuka objek pariwisata baru, tentunya kebutuhan akan akomodasi pengunjung akan meningkat, apalagi jika wilayah tersebut memang masih belum terdapat penginapan-penginapan seperti hotel, losmen, dan sebagainya. Homestay sekarang ini telah tertata dalam strategi pemasarannya, para pemilik homestay mulai membangun bangunan yang dikhususkan yang terpisah dari rumah utama keluarga, namun dengan konsep bangunan rumah keluarga lengkap dengan fasilitas nya sehingga menimbulkan kesan tamu merasa seperti di rumah sendiri.

Penginapan yang sekarang ini begitu bervariatif, tentu saja saat ini pengunjung suatu wilayah yang membutuhkan tempat untuk menginap tidak hanya meninjau dari sisi affordable nya tetapi juga kita percaya bahwa mereka akan mencari suasananya.

 

Beberapa Jenis Penginapan yang Mirip Dengan Homestay:

 

  • Guest House

Sekilas memang mirip dalam fungsinya tetapi perbedaan antara guest house dan homestay terletak kepada manajemennya. Manajemen dari guest house biasanya dari pihak keluarga pemilik rumah yang juga memberikan pelayanan misalnya dalam pemesanan makanan anda bisa memesan kapan saja, pihak guest house juga memiliki menu sederhana yang disediakan, perbedaan lainnya adalah kegiatan bersih-bersih dilakukan oleh pihak manajemen atau pihak keluarga pemilik rumah, bisa dikatakan pelayanannya mirip dengan hotel.

  • Losmen

Losmen biasanya paling dicari oleh mereka yang senang melakukan backpaker, yang artinya mereka tidak mempunyai budget yang cukup untuk menyewa hotel dan fasilitasnya, dan biasanya penyewa tidak tinggal untuk waktu yang lama.

  • Hostel

Hostel merupakan penginapan yang memiliki manajemen yang profesional, bisa dikatakan ini sebagai hotel budget yang tentu dengan harga sewa yang jauh lebih murah, keunikannya adalah kamar yang digunakan tamu yang satu akan berbagi dengan tamu yang lain, walaupun ada juga yang bersifat private, namun berbagai fasilitas seperti kamar mandi akan digunakan bersama secara bergantian. Untuk menjaga keamanan barang-barang pribadi, pihak hostel akan menyediakan loker khusus untuk penyimpanannya.

Dengan jenis variasi penginapan di atas yang mirip dengan homestay tentunya akan menjadi referensi kepada masyarakat yang ingin bepergian dan membutuhkan penginapan tentunya.

 

Keseruan Menggunakan Homestay

keuntungan-menginap-di-homestay

 

  • Hemat Biaya

Bagi mereka yang suka travelling tentu biaya akan menjadi hal utama yang diperhatikan, dan pembiayaan paling utama tentu di area akomodasi, homestay menawarkan biaya sewa yang terjangkau dengan range harga yang tentunya jauh lebih murah dari hotel.

  • Dapat Digunakan Beramai Ramai

Karena sifatnya adalah menyewa sebuah “rumah” maka suasana pun akan terasa seperti rumah sendiri, dengan suasana baru bersama rombongan pun tentunya akan menambah semarak liburan, ditambah lagi biasanya semakin banyak rombongan, maka semakin terjangkau biaya sewanya.

  • Mendapat Kenalan Baru

Menggunakan homestay sebagai penginapan akan memungkinkan anda bertemu dengan penyewa lain, dan bahkan dengan fleksibilitas nya anda dapat berinteraksi dengan mudah dengan warga sekitar, situasi seperti ini juga dapat anda manfaatkan karena anda bisa menemukan relasi baru. Pastikan juga menyewa homestay yang dikhususkan untuk umum.

  • Mengenal Objek Wisata Lebih Baik

Karena lokasi homestay selain dekat dengan destinasi wisata, sudah pasti juga dekat dengan pemukiman penduduk di sana, dengan demikian anda dapat dengan mudah berinteraksi dan mendapatkan informasi lebih dalam mengenai lokasi wisata yang anda kunjungi.

  • Kekeluargaan Yang Kental

Homestay erat kaitannya dalam hubungan dengan masyarakat di sekitarnya, anda dapat merasakan pengalaman berkenalan dengan budaya baru, dan bahkan berbaur dengan budaya setempat. Ketika misalnya anda sedang tidak berkunjung ke destinasi wisata, anda dapat berbincang-bincang dengan pemilik rumah, atau bahkan sekedar ngopi di sore hari, bagi anda yang senang bersosialisasi tentunya kehangatan kekeluargaan ini akan sangat berkesan.

  • Jam Check-out yang Fleksibel

Kebanyakan dari homestay memiliki standar waktu check-out masing-masing, lebih fleksibel karena bisa dinegosiasikan dengan pemilik rumah, tentu saja jika hubungan sudah terjalin dengan baik maka hal ini pun tidak menjadi masalah.

Dan tentunya homestay pasti punya rules masing-masing yang diberikan oleh si pemilik rumah, jika anda tinggal di homestay bersama keluarga si pemilik maka anda juga harus mengenal peraturan rumah tersebut dan mengenal budaya sekitarnya, tentunya bisa dinegosiasikan misalnya larangan merokok di dalam kamar, jangan pulang terlalu larut dan lain sebagainya.

Homestay yang memiliki manajemen yang baik dan terpisah dari rumah utama pemilik juga pastinya memiliki rules nya, demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama sebagai contohnya :

  1. Penyewa wajib meninggalkan kartu identitas asli, selama menginap seperti SIM/KTP/Pasport
  2. Penyewa wajib membayar lunas sewa (sesuai dengan rentang waktu tinggal)
  3. Penyewa wajib menjaga toleransi dengan lingkungan
  4. Penyewa wajib menjaga kebersihan
  5. Penyewa wajib menjaga semua barang yang ada
  6. Pihak dari Homestay memiliki hak akses ke bangunan

 

Tips Memilih Homestay

 

Ketika anda memiliki rencana untuk liburan dan memilih homestay sebagai tempat penginapan, tentunya ada beberapa tips yang bisa menjadi bahan referensi anda untuk menemukan homestay yang cocok, tentu saja setelah menemukan lokasi wisata yang anda ingin kunjungi.

  • Mencari Informasi Homestay yang Dekat Lokasi Wisata

Yang perlu diperhatikan dalam mencari lokasi adalah jangan mencari lokasi saat waktu sangat mepet misalnya seminggu sebelum melakukan perjalanan, apalagi jika anda berencana menginap secara rombongan, setidak-tidaknya lakukan research lokasi selama 3 bulan, karena dalam waktu demikian anda dapat melakukan banyak pertimbangan-pertimbangan baik mengenai biaya dan bisa saja dengan banyaknya pilihan-pilihan homestay yang membuat anda tidak terburu-buru.

Lalu milikilah contact dari pemilik homestay untuk mencari informasi tentang bagaimana bentuk, kapasitas ruangan, dan fasilitas apa saja yang tersedia di homestay tersebut. Carilah review dari orang-orang yang pernah menyewa dan bahkan informasi dari homestay di sekitarnya jika anda ingin mencari fasilitas yang lebih misalnya anda ketika lagi berlibur pun membutuhkan akses internet.

  • Tentukan Orang yang Anda Ajak Liburan

Tentunya jumlah orang yang menyewa homestay akan berpengaruh terhadap kebutuhan ruang yang cukup luas terutama dengan tempat tidur, termasuk juga dengan jumlah kamar mandi, dan sebagainya. Lebih khusus jika anda berencana berlibur dengan keluarga besar dan mengikutsertakan orang tua lanjut usia tentunya pertimbangan bentuk bangunan yang dapat diakses dengan mudah seperti tidak memiliki banyak anak tangga dan lain sebagainya.

 

Homestay Sebagai Peluang Bisnis

 

Setelah membahas Homestay sebagai penginapan dari sudut pandang tamu atau penyewa sekarang kita akan melihat dari sudut pandang bisnis sebagai pemilik bangunan.

Homestay sendiri merupakan bisnis penginapan yang saat ini populer dikarenakan alternatif yang ditawarkan menjawab kebutuhan para traveller yang menginginkan budget yang terjangkau untuk berlibur. Ditambah lagi dengan mudahnya akses informasi saat ini membuat proses marketing untuk sebuah homestay begitu mudah dengan menggunakan media sosial.

Menariknya, alternatif bisnis ini bisa digunakan oleh mereka yang memiliki properti atau rumah di beberapa wilayah yang dekat dengan objek wisata, atau mereka yang harus tinggal di daerah lain karena suatu hal tetapi tidak mau menjual properti rumah mereka, pemanfaatan rumah sebagai homestay dirasa sangat menguntungkan.

Indonesia sangat diberkahi dengan memiliki banyak sekali objek wisata dan budaya yang menarik para wisatawan mancanegara maupun lokal untuk datang berkunjung, berbanding lurus dengan itu permintaan akan akomodasi pun kian bertambah.

Pasar bisnis di Indonesia tergambar dalam hasil survei Airbnb yang merupakan sentra marketplace bagi orang-orang yang ingin menyewa dan menyewakan kamar, dengan akomodasi ke jutaan villa, apartemen, sepanjang tahun 2017. Dari hasil survei terdapat pertumbuhan tamu sebanyak 64% per tahun. Dengan demikian bahwa permintaan pasar masih sangat tinggi setiap tahunnya.

 

Cara Memulai Bisnis Homestay

peluang-bisnis-properti-homestay

Faktor yang perlu diperhatikan :

  •  Lokasi

Lokasi menjadi penentu utama apakah sebuah bangunan dapat dijadikan sebagai homestay, tentunya lokasi strategis yang dekat dengan lokasi wisata, dekat dengan fasilitas umum, homestay sendiri banyak tersebar di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta, dan lain-lain karena merupakan kota wisata, akan tetapi wilayah baru yang dalam pembangunan skala besar juga akan memberi kemungkinan permintaan akan homestay bertambah, seperti rencana pembangunan ibukota baru di Kalimantan Timur, sudah pasti akan didatangi oleh para teknisi dan ahli bangunan yang menetap dan tinggal di wilayah tersebut dalam waktu yang cukup lama, tentunya ini akan menjadi kesempatan bisnis bagi masyarakat yang memiliki bangunan rumah yang dekat dengan lokasi tersebut dan tidak menutup kemungkinan mulai melakukan pembangunan karena melihat peluang ini. 

Atau seperti yang terjadi pada perhelatan Asian Games tahun 2018 dimana Jakarta-Palembang menjadi tuan rumah, tentu saja kedatangan para atlet dari luar negeri maupun lokal menambah jumlah akomodasi, dengan kapasitas hotel yang terbatas maka strategi homestay pun diberlakukan oleh pemerintah saat itu, dan tentu saja menjadi sumber rejeki bagi para tuan rumah.

  • Pangsa Pasar

Pangsa pasar merupakan sasaran dari target yang kita inginkan, dengan demikian pangsa pasar yang telah ditentukan akan menjadi landasan dalam desain homestay nanti yang akan ditawarkan. Sebagai contoh adalah jika pangsa pasarnya adalah orang-orang yang melakukan perjalanan bisnis dan sedang menunggu transit pesawat maka bentuk ruangan sederhana untuk bisa tidur dan bersih-bersih sudah cukup, namun bila target nya adalah keluarga yang ingin berwisata tentunya akan berfokus kepada ukuran kamar yang lebih luas. Pangsa pasar sendiri juga termasuk dalam pemilihan calon customer yang anda inginkan misalnya homestay anda bebas asap rokok dan sebagainya.

  • Tema atau Konsep

Keunikan sebuah homestay yang akan menarik minat tamu adalah dengan konsepnya yang meninggalkan kesan baik, sehingga tamu akan datang kembali dan bahkan merekomendasikannya kepada orang lain. Konsep pada umumnya berkaitan dengan budaya setempat, seperti adat Jawa, Bali, dan tidak menutup kemungkinan para pemilik mengadakan jadwal acara-acara spesial, misalnya live music dan barbeque setiap hari sabtu dan konsep lainnya yang membuat tamu-tamu merasa senang.

  • Perizinan

Perizinan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan, jika sudah menyangkut dengan pariwisata dan kedatangan orang dari luar, maka anda harus melakukan izin terlebih dahulu pertama dengan masyarakat sekitar lalu dengan kantor dinas perizinan dan dinas pariwisata untuk mendaftarkan homestay anda, perizinan ini tidaklah rumit jika dibandingkan dengan hotel.

  • Strategi Pemasaran

Tentunya setelah mempersiapkan bangunan, fasilitas, dan bangunannya, bisnis anda tentu akan membutuhkan promosi, dan bagaimana homestay ini dikenal khalayak umum, sehingga saat mereka hendak berlibur, maka homestay anda akan menjadi pilihan. Platform pemasaran saat ini pun begitu beragam ditambah lagi dengan menggunakan media sosial yang jangkauannya pasti lebih luas.

 

Homestay menjadi sarana pilihan untuk menginap dikala berlibur untuk melepas penat, tentu saja dengan nuansa rumah yang kental dengan kekeluargaan. Di sisi peluang bisnis, homestay begitu menjanjikan dengan modal yang tidak terlalu besar tentu saja, bahkan menjadi alternatif bisnis bagi anda yang memiliki properti di wilayah dekat dengan objek wisata yang sering dikunjungi baik dari mancanegara maupun dari lokal.

Tentu saja untuk menangkap peluang ini, anda harus up to date dengan berita properti saat ini, baik dengan lokasi lahan kosong yang strategis maupun bangunan jadi yang dapat anda manfaatkan menjadi homestay, untuk itu anda butuh berkonsultasi dengan agen properti terbaik.

Ray White adalah agen properti terpercaya, yang dapat membaca peluang yang terbaik untuk kelangsungan bisnis anda, Ray White memiliki jaringan bisnis yang luas dan terdapat di 25 kota besar dan 175 cabang di Indonesia, mendapatkan penghargaan dari Top Brand Awards berturut-turut membuktikan komitmen Ray White dalam dunia properti. Ray White memiliki listing properti lengkap yang akan membantu anda dalam mendapatkan informasi yang up to date saat ini. Segera raih peluang properti anda sekarang juga.

 

Property Solution? Ray White in Action!

 

Source: Ray White, coursehero, jendela360, idntimes, travelling.bisnis, freepik

Share