logo-raywhite-offcanvas

24 Dec 2020

Kontrak Rumah : Tips Mendapat Penyewa dan Mempertahankannya

Kontrak Rumah : Tips Mendapat Penyewa dan Mempertahankannya

Anda tentu ingin membuat aset Anda lebih produktif dan lebih menghasilkan. Siapa yang tidak ingin asetnya menghasilkan aset lagi. Hal tersebut tentu saja bisa dilakukan apabila Anda berinvestasi pada sektor properti. Sebagai investor properti, tentu saja motivasi Anda menginvestasikan sejumlah uang untuk membeli properti adalah untuk mendapatkan keuntungan dari nilai apresiasi properti secara tahunan atau capital gain. Capital gain baru akan Anda dapatkan secara tunai apabila Anda menjual properti tersebut. Lalu apakah bisa Anda mendapatkan keuntungan langsung secara tunai dari properti Anda tanpa menjual atau memindahtangankan properti Anda? Tentu saja bisa.

Salah satu keuntungan investasi properti adalah Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis. Salah satu bisnis yang dapat Anda lakukan dari properti Anda adalah dengan menyewakan properti Anda kepada seseorang yang membutuhkan tempat tinggal sementara. Menyewakan properti Anda merupakan keputusan yang tepat khususnya bagi Anda yang memiliki banyak properti yang tidak dihuni namun tetap layak untuk dihuni.

Banyaknya investor properti yang melakukan hal tersebut, membuat Anda memiliki banyak kompetitor. Mencari dan mendapatkan calon penyewa tidak semudah yang Anda bayangkan. Calon penyewa tidak akan langsung ingin menyewa rumah Anda. Mereka akan melakukan komparasi terhadap rumah lain yang juga sedang disewakan. Untuk itu, Anda harus menyiapkan sejumlah strategi agar rumah yang akan Anda kontrakan cepat laku. Cari tahu tips apa saja yang sebaiknya Anda lakukan jika ingin rumah Anda cepat laku disewa. 

TIPS CEPAT MENDAPAT PENYEWA

  • Pastikan Rumah Anda Layak Huni

Sebelum Anda berpikir lebih jauh mengenai strategi memasarkan rumah kontrakan Anda dan strategi penentuan harga, sebaiknya Anda fokus untuk memastikan bahwa rumah yang Anda sewa telah layak huni. Pastikan bahwa rumah Anda tidak mengalami kebocoran pada atap, rembesan pada dinding, jamur pada dinding, keramik yang pecah, jendela yang rusak, masalah air PAM / PDAM atau air tanah serta korsleting listrik. Hal tersebut tentu akan mengurangi minat calon penyewa karena komponen penting sebuah rumah dianggap telah rusak dan tidak layak dihuni. 

  • Buatlah Dekorasi Rumah Anda Menarik  

Pastikan rumah yang akan Anda sewakan sudah rapi dan tertata dengan baik. Buatlah dekorasi yang semenarik mungkin. Dekorasi yang bagus akan menarik minat calon penyewa. Selain itu juga meningkatkan mood calon penyewa serta memberikan impresi pertama (first impression) yang baik. Dekorasi bisa sederhana bisa nampak dari kondisi cat rumah yang bagus. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan cat ulang pada bagian dinding rumah yang mulai kusam.

Dekorasi tidak hanya terlihat dari cat rumah saja tetapi juga dari penataan ruang dan pemilihan furniture. Hindari penataan ruang yang terlihat rumah terasa sempit dan penuh. Pastikan Anda menata ruangan Anda sedemikian rupa agar rumah terlihat lega dan luas. Pemilihan furniture yang ramping, ringkas dan multifungsi adalah keputusan yang tepat. Pastikan Anda memilih furnitur minimalis sebagai dekorasi yang tepat bagi interior rumah Anda. Selain karena multifungsi, desain furnitur minimalis juga memiliki desain kekinian nan modern. Tentu saja interior rumah Anda semakin lebih aesthetic.

  •  Cari Tahu Harga Pasaran Sewa

Sebelum memasarkan rumah Anda untuk disewakan, pastikan Anda telah mengetahui harga pasaran sewa rumah di daerah Anda. Anda bisa mencari tahu melalui situs agen properti atau situs properti online untuk mengetahui harga pasaran sewa rumah sekitar Anda. Setelah mengetahui harga pasaran sewa rumah Anda, pastikan Anda membuka harga sewa sesuai harga pasaran. Menyewakan rumah Anda sesuai harga pasaran sewa di daerah rumah Anda adalah keputusan yang tepat. Banyak dari penyewa yang melakukan mark-up harga sewa dengan harapan bahwa setelah melakukan negosiasi, harga yang disepakati sesuai dengan harga pasaran. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Mengapa demikian? 

Hal ini dikarenakan calon penyewa akan melakukan komparasi dengan rumah sejenis yang disewakan. Apabila mendengar harga sewa yang terlalu tinggi, maka kecenderungannya calon penyewa akan mencari alternatif rumah yang lebih murah. Setelah itu, calon penyewa akan melakukan negosiasi dengan pemilik rumah yang membuka harga sewa lebih murah. Calon penyewa akan enggan melakukan negosiasi dengan pemilik rumah yang “mengetok” harga sewa yang tinggi.

  • Berikan Fasilitas Tambahan

Jika Anda merasa bahwa harga sewa terlalu murah atau terlalu banyak kompetitor di sekitar Anda, maka Anda bisa memberikan fasilitas tambahan sebagai nilai jual atau daya tarik yang mungkin tidak dimiliki oleh rumah milik kompetitor Anda. Fasilitas yang paling dibutuhkan adalah ketersediaan jaringan internet tanpa kabel (wi-fi). Dengan adanya fasilitas wifi, Anda akan lebih mudah mendapatkan calon penyewa yang tertarik untuk menyewa rumah Anda. Dengan demikian rumah Anda akan lebih cepat tersewa.

Anda juga bisa memberikan fasilitas lain seperti water heater, fasilitas garasi mobil anti panas (carport yang dilengkapi dengan kanopi), pagar dan berbagai fasilitas lain yang sesuai dengan target market penyewa Anda. Perlu diingat bahwa semakin banyak fasilitas bukan berarti semakin bagus untuk bisnis sewa rumah karena hal itu akan memberatkan cost Anda. Sesuaikan fasilitas sesuai dengan target market agar fasilitas yang diberikan tidak berlebihan namun tetap menjadi magnet bagi penyewa Anda.

  • Pertimbangkan Biaya dan Pendapatan Sewa

Dalam merenovasi rumah atau menambah fasilitas pada rumah yang akan disewakan, pastikan Anda telah mempertimbangkan biaya yang Anda keluarkan. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar dibandingkan dengan penerimaan sewa. Perlu Anda ketahui bahwa menyewakan rumah adalah sebuah bisnis. Untuk itu, pastikan Anda tetap mendapatkan keuntungan dari bisnis sewa rumah yang Anda tekuni.

  • Asuransikan Rumah Anda Sebelum Disewakan

Sangat disarankan bagi Anda untuk mengasuransikan rumah Anda sebelum disewakan. Hal ini untuk meminimalisir resiko-resiko atau hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin akan terjadi pada rumah Anda. Seringkali, pemilik rumah tidak kenal kepribadian penyewa karena belum pernah bertemu sebelumnya. Pemilik rumah dan penyewa hanya bertemu karena adanya sewa menyewa rumah. Dengan mengasuransikan rumah Anda, maka Anda akan lebih tenang untuk memberikan rumah Anda kepada orang lain untuk dihuni sementara.

  • Perhitungkan Resiko Sewa Rumah

Pastikan Anda telah memperhitungkan resiko kerusakan pada rumah Anda selama masa sewa maupun setelah periode masa sewa berakhir. Sisihkan pendapatan sewa Anda untuk dana darurat. Apabila terjadi kerusakan pada rumah Anda seperti terjadinya kebocoran, maka penyewa pada umumnya akan meminta pemilik rumah untuk membetulkan rumah tersebut. Terkecuali ada perjanjian khusus yang disepakati bersama. Maka dari itu, pastikan Anda tidak menghabiskan pendapatan uang sewa tersebut untuk keperluan yang tidak penting.

  • Cari Partner Untuk Memasarkan Rumah

Anda bisa mencari partner yang tepat untuk memasarkan rumah. Salah satunya adalah dengan bekerjasama dengan agen properti. Agen properti memiliki listing sewa dan calon penyewa yang setiap harinya menanyakan lokasi rumah yang tersedia untuk disewakan. Anda bisa menjalin kerjasama dengan agen properti untuk mempercepat dalam pencarian calon tenant yang siap menyewa rumah Anda.

Tentu saja Anda harus selektif dalam bekerja sama dengan agen properti. Jangan sampai Anda bekerjasama dengan agen properti yang tidak serius dalam memasarkan rumah Anda. Ada kalanya, agen properti yang tidak profesional hanya ingin mendapatkan database saja. Hal itu tentu sangat merugikan dan hanya membuang-buang waktu Anda. Pilihlah agen properti yang profesional, berintegritas dan sudah teruji memiliki prestasi dalam memasarkan berbagai jenis properti.

  • Iklankan Di Media Online

Iklankan-Rumah-Anda-di-Media-Online-atau-Melalui-Ray-White-Agen-Properti-Terbaik

Sekarang adalah masanya dunia digital. Semua orang yang membutuhkan sebuah produk atau jasa akan langsung mencarinya secara online. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengiklankan rumah yang akan Anda sewakan secara online. Banyak sekali portal yang secara khusus menyediakan kolom untuk memasukkan listing sewa properti

Memasarkan rumah Anda secara online akan memperbesar kemungkinan Anda mendapatkan leads dan mempercepat rumah Anda laku tersewa. Pastikan Anda tidak lupa untuk memasarkan properti Anda di media online. Pastikan foto yang Anda masukkan berkualitas tinggi dan pengambilan angle yang terlihat luas dan megah. Foto di listing online adalah salah satu daya tarik dan first impression calon tenant Anda. Pastikan deskripsi mengenai spesifikasi rumah jelas serta alasan tepat mengapa seseorang harus menyewa rumah Anda. 

Dalam mengiklankan rumah Anda secara online, jangan pernah mencantumkan alamat rumah secara detail pada iklan online. Hal ini demi menjaga keamanan Anda serta meminimalisir potensi iklan rumah Anda disalahgunakan oleh mediator atau makelar properti lain. Memberikan alamat hanya melalui personal message untuk calon tenant yang sudah positif tertarik, bukan hanya sekedar cek harga dan “basa-basi”.

  • Pasang Petunjuk Rumah Ini Disewakan Pada Rumah Anda

Memasang petunjuk berupa spanduk atau signage yang memberikan informasi bahwa rumah tersebut disewakan memang merupakan salah satu strategi pemasaran yang “kuno” namun terbukti masih efektif hingga saat ini. Hal ini bahkan masih dilakukan oleh beberapa agen properti dan pemilik properti yang ingin menjual atau menyewakan rumahnya. Strategi ini akan sangat membantu khususnya warga sekitar yang ingin membeli rumah dekat dengan keluarga atau kerabatnya. Teknik pemasaran ini juga sangat efektif khususnya bagi calon pembeli yang gagap teknologi atau gaptek dengan dunia online.

  • Iklan Baris di Media Massa

Strategi ini juga merupakan strategi pemasaran yang kerap dilakukan zaman dulu. Namun, cara ini masih cukup efektif karena menyasar para calon penyewa yang masih suka membaca koran dan belum familiar dengan media online. Akan tetapi, jika nilai sewa rumah yang akan Anda sewakan tidak terlalu mahal, sebaiknya jangan menggunakan strategi ini karena hanya menambah cost Anda saja. Ingat, menyewakan rumah Anda adalah bisnis, pastikan Anda tidak mengalami kerugian karena pemilihan media marketing yang tidak tepat.  

  • Berikan Insentif Kepada Kerabat yang Memasarkan

Ada kalanya setelah berjuang memasarkan rumah untuk disewakan tidak membuahkan hasil padahal telah dilakukan secara konsisten. Mungkin Anda bisa meminta bantuan kepada teman, keluarga atau kerabat Anda. Mungkin saja mereka bisa membantu Anda mencarikan calon penyewa. Tentu saja hal ini akan menguras waktu dan tenaga mereka. Oleh karena itu, sebagai orang terdekat mereka, tawarkan komisi atau insentif bagi mereka yang telah membantu Anda sampai mendapatkan penyewa. Hal ini akan lebih efektif karena siapa tahu koneksi teman, keluarga atau kerabat Anda sedang mencari rumah untuk disewakan.

Setelah Anda mendapatkan penyewa, tentu saja Anda ingin agar penyewa tersebut betah dan terus-menerus memperpanjang biaya sewanya. Anda tentu harus memikirkan berbagai cara agar sang penyewa betah dan terus memperpanjang masa sewanya. Berikut adalah tips untuk mempertahankan penyewa rumah Anda.

TIPS MEMPERTAHANKAN PENYEWA 

  • Berikan Potongan Harga Menarik

Pada awal penyewa Anda memutuskan untuk menyewa rumah Anda, mungkin saja karena tentu saja akan membandingkan penawaran harga sewa rumah Anda dengan penawaran harga sewa pemilik properti lain. Untuk itu, berikan diskon khusus seperti gratis 1 bulan sewa apabila menyewa rumah tersebut selama 2 tahun dan dibayar dimuka. Jika masih memungkinkan, berikan penawaran menarik seperti bebas biaya listrik dan air selama beberapa waktu. Anda juga bisa memberikan penawaran gratis kuota wifi beberapa gigabytes (GB) setiap bulannya. Buatlah penawaran yang menarik dan kreatif, sehingga calon tenant akan tertarik untuk menyewa properti Anda.

  • Selalu Mengganti Kunci Rumah 

Demi alasan keamanan bagi penyewa Anda, pastikan Anda telah mengganti kunci rumah Anda setiap terjadi perubahan penyewa. Hal tersebut akan membuat penyewa rumah Anda lebih aman dan nyaman untuk tinggal di rumah Anda. Hal ini terkesan sepele namun sangat krusial. Rutin melakukan pergantian kunci rumah setiap pergantian penyewa akan membuat penyewa baru merasa tenang untuk berpergian keluar rumah dan tidak was-was barang-barang berharganya di curi oleh penyewa sebelumnya.

  • Menjaga Privasi Penyewa

Walaupun rumah tersebut adalah milik Anda, Anda tetap harus menjaga privasi penyewa Anda. Jangan sering mendatangi penyewa Anda jika tidak ada kepentingan yang mendesak, terlebih lagi Anda mendatanginya secara mendadak tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Hal itu akan membuat penyewa Anda menjadi risih dan enggan melanjutkan sewanya karena tidak cocok dengan attitude pemiliknya. Jadi tetap saling menjaga privasinya.

  • Jangan Selalu Menaikkan Uang Sewa

Hal yang paling sering membuat penyewa enggan melanjutkan sewa rumah Anda adalah karena selalu naik harga setiap tahunnya. Sebaiknya Anda jangan hanya berfokus pada kenaikan uang sewa tetapi berfokus pada adanya penyewa dibandingkan dibiarkan kosong. Lebih baik Anda tetap memberikan harga sewa yang sama ketimbang rumah tersebut kosong beberapa waktu akibat tidak adanya penyewa baru.

  • Membangun Hubungan Baik Sejak Awal

Salah satu tips agar penyewa betah dan terus memperpanjang masa sewanya adalah dengan membangun hubungan baik antara pemilik dan penyewa. Hindari perdebatan-perdebatan yang tidak perlu. Jangan terlalu mudah menyinggung penyewa atau bersitegang apabila terjadi masalah pada rumah tersebut. Selesaikan dengan kepala dingin. Hal itu akan membuat penyewa akan dengan senang hati memperpanjang masa sewa yang telah berakhir.

 

Mencari dan mempertahankan penyewa memang membutuhkan berbagai strategi yang tepat. Penting menjadi perhatian Anda bahwa menjaga hubungan baik dengan penyewa adalah langkah terbaik. Menjaga hubungan baik akan memperbesar potensi penyewa memperpanjang masa sewanya serta tidak berpikir untuk melakukan sabotase atau hal-hal yang tidak diinginkan pada rumah Anda.

Apabila Anda ingin mencari listing sewa properti terbaik, Anda bisa menghubungi agen properti Ray White terdekat di kota Anda. Ray White adalah agen properti terbaik di Indonesia. Jaringan bisnis Ray White yang luas dengan total 175 kantor cabang yang tersebar di 25 kota besar di Indonesia semakin mempermudah Anda dalam mencari listing properti yang disewakan. Hal ini didukung oleh banyaknya listing sewa yang dimiliki oleh Ray White, sehingga bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Untuk menjaga konsistensinya sebagai agen properti terbaik, Ray White berhasil meraih Top Brand Awards selama 8 tahun berturut-turut serta Platinum Top Franchise selama 4 tahun berturut-turut. Kiprah Ray White dalam industri properti tidak perlu diragukan lagi. Ray White tidak hanya hadir di Indonesia tetapi juga ada di Australia, Singapura, India hingga Uni Emirat Arab. Urusan properti, Ray White bukan yang lain.

Ray White memberi bukti, bukan janji!



 

Sumber : Jendela 360, Kompas, Property Guru, Rumah 123, Wiki How, Freepik. 

 

Share