logo-raywhite-offcanvas

30 Jun 2022

Masa Depan Properti : Kebangkitan Setelah Pandemi

Masa Depan Properti : Kebangkitan Setelah Pandemi

Setelah melewati 2 tahun masa pandemi, mungkin ada pertanyaan bagaimana pertumbuhan bisnis properti saat ini.  Adakah perubahan yang signifikan terjadi yang membuat para pelaku real estate memikirkan strategi baru untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan properti?

Di dalam artikel ini kita akan membahas lebih lanjut bagaimana sektor properti beradaptasi dalam menghadapi pandemi dan menemukan solusi yang tepat. Sebuah perusahaan Real estate sendiri tentunya harus memiliki agen yang profesional dan terbaik di bidangnya. Nah bagi anda yang sedang mencari property, ingin menjual, atau tertarik untuk bergabung dengan agen properti, anda bisa mengambil kesempatan ini dengan menghubungi agen properti terbaik saat ini.

 

Dahulu, aktivitas transaksi jual beli dilakukan secara langsung dengan tatap muka. Pasca pandemi kegiatan bertemu secara  tatap muka sangat dibatasi, optimalisasi penggunaan media digital sebagai media komunikasi menjadi solusi baru agar proses transaksi tetap berjalan lancer. Masyarakat mulai beralih dengan sistem online.

Orang-orang mulai beralih dengan sistem online untuk melakukan meeting, webinar, hingga acara-acara tertentu.

Munculnya teknologi dan peralihan demografi para pembeli rumah sudah mulai mengguncang industri real estate akhir-akhir ini. Faktor-faktor ini telah mempengaruhi banyak aspek pada transaksi penjualan properti konvensional dimulai dari cara listingan properti hingga rata-rata waktu closing. Fenomena ini membuat para investor mulai bertanya-tanya seperti apa masa depan real estate nantinya dan bagaimana beradaptasi terhadap perubahan ini?

Ray White memahami perubahan ini muncul saat pandemi dimulai, kenyataan bahwa pandemi membuat kita terbiasa melakukan aktivitas secara online untuk melakukan kegiatan dan pekerjaan serta mengurangi pertemuan tatap muka. Lalu bagaimanakah proses jual beli properti bisa terus terjadi? Ray White melakukan approaching yang tenang dan penuh determinasi, melalui penerapan One System Ray White yang dapat memaksimalkan potensi bisnis serta berintegrasi dengan seluruh kantor sehingga memungkinkan informasi tentang properti dapat dengan mudah ditemukan oleh seluruh member. Nilai plus yang bisa didapatkan adalah penggunaan waktu yang efektif, kita dapat dengan langsung berbincang dengan orang yang berada di luar kota maupun di luar negeri.

 

Teknologi digital saat ini disadari mulai membawa perubahan dalam segala aspek, penggunaan media sosial dewasa ini menjadi sarana yang efektif yang dapat menjadi sarana yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi yang cepat. Hingga saat ini kebutuhan manusia akan teknologi digital semakin meluas, dimulai dari bekerja secara online hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Ray White terus memaksimalkan penggunaan teknologi digital untuk sektor properti dan berhasil mendapatkan penghargaan Top Franchise Indonesia Most Popular Brand in Digital Media 2021 Category Broker Property dari Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Majalah Franchise, dan DK Consulting. Mereka yang melakukan pengukuran terhadap merek franchise dan BO paling populer di media sosial, merek  yang paling dikenal dan diingat konsumen di era digital, penilaian juga dilihat dari rekam jejak popularitas virtual, intensitas media sosial, dan intensitas situs web. 

Pemimpin Umum Majalah Franchise Indonesia mengatakan bahwa popularitas digital akan menjadi decision purchasing bagi calon konsumen maupun calon investor, dan ini adalah peluang yang baik bagi para brand owner untuk terus meningkatkan kualitas dari merek dagang nya.

Dilansir dari fortunebuilders, industri real estate mengalami perubahan cepat seiring dengan teknologi baru dan influx of capital (masuknya modal). Para investor juga harus mempersiapkan diri dengan online property listing platforms, aplikasi smartphone, virtual reality, teknologi blockchain yang akan memberikan dampak terhadap transaksi real estate.

Para investor melihat bahwa persaingan antar property listing website semakin ketat karena masing-masing akan berlomba memberikan pelayanan untuk dapat melakukan penjualan dan pembelian properti dengan mudah.

 

Mengapa platform listingan online ini menjadi populer? Hal ini ternyata menjadi alat bantu yang mudah bagi para penyewa atau pembeli untuk menemukan kriteria apa yang sedang mereka cari untuk properti mereka. Para investor ini juga menyatakan untuk bisa terus berkembang kita harus beradaptasi dengan pembeli (dan penjual) agar mereka dapat merasakan akses ratusan listingan properti pada satu sentuhan tombol.

Salah satu cara untuk terlihat lebih menarik adalah menggunakan trend smart home dan rumah yang menggunakan perabotan yang terhubung dengan teknologi. Fitur ini menjadi cocok bagi demografi yang melek teknologi karena akan meningkatkan keamanan dan efisiensi energi.

Perkembangan aplikasi real estate pada smartphone akan mengubah semua aspek proses transaksi. Contohnya, aplikasi yang yang telah ada seperti Docusign dan Dotloop memberikan akses kepada professional di real estate untuk membubuhi tanda tangan dan mengirim kontrak dan dokumen lainnya melalui smartphone mereka.

Para investor juga mencari aplikasi yang berdasarkan teknologi blockchain untuk mendukung komponen legal dari sebuah transaksi. Hal ini akan berfokus ke beberapa area seperti mentransfer akta atau berbagai dokumen penting. 

Virtual Reality atau yang lebih kita kenal dengan VR adalah teknologi yang kedepannya akan mempengaruhi real estate pada tahun mendatang. Para investor cukup mengenal gagasan dari 3D dan gambar yang dapat dilihat secara 360 derajat, hal ini juga diharapkan dapat berkembang. Dengan memberikan calon pembeli pengalaman melihat rumah seperti berada langsung di tempat, menggunakan sistem 3D membuat calon pembeli dapat melakukan home tour secara virtual.

 

Masa Depan Pasar Perumahan Real Estate

masa-depan-real-estate

Pasar rumah real estate diharapkan mulai memberikan gelombang baru untuk menjangkau pembeli milenial yang masuk di area real estate yang lebih fokus ke perumahan daerah perbatasan kota besar.

Meskipun pengembangan perumahan bukanlah hal yang baru, masa depan dari real estate dapat melibatkan fitur menarik pada area ini. Pembeli milenial memiliki ketertarikan terhadap area perumahan yang mudah diakses dengan berjalan kaki dan dekat dengan fasilitas publik

Hal ini bisa menjadi berita baik bagi para investor untuk dapat mengembangkan ide properti di daerah pinggiran kota (suburb) yang dapat digunakan sebagai mix area atau juga retail.

Bergeser ke tengah kota atau wilayah metropolitan, investor mendapatkan penemuan bahwa mereka yang tinggal di daerah kota cenderung mencari rumah dengan fasilitas tambahan seperti memiliki parkiran luas dan pembuangan sampah. Namun di masa depan diprediksikan real estate akan cenderung focus menambahkan beberapa fitur seperti kemudahan akses ke atap Gedung, area terbuka dan working space. 

Properti untuk multigenerasi juga menjadi pertimbangan para investor, karena mengingat saat pandemi berlangsung banyak keluarga memilih untuk tinggal bersama orang tua mereka.

Selain itu profesional di bidang real estate juga memiliki harapan untuk pengembangan fitur rumah hijau dan ramah lingkungan. Menurut Natioanal Association of Home Builders, para calon pembeli 80% akan memutuskan membeli jika terdapat fitur hemat energi pada sebuah rumah. Konsep rumah hijau ini juga menjadi fokus para investor dalam membangun dan mengembangkan hunian.

Masa depan real estate akan diarahkan oleh teknologi baru, hubungan antar agen properti dan pembeli, dan pergantian demografi dari pemilik properti. Para investor berharap untuk dapat meraih sukses tentu saja dibutuhkan proses pembelajaran di tengah perubahan yang ada.

Adanya software yang membantu seperti situs listingan yang membantu calon pembeli akan memberikan masa depan yang cerah dalam industri real estate.

Ray White telah menggunakan One System, sebuah sistem terintegrasi yang akan mempermudah dalam pencarian properti hanya dengan download aplikasi melalui smartphone Anda. Disana terdapat lebih dari 150.000 listingan di berbagai wilayah di Indonesia. Bersama para agen Ray White terbaik anda akan dibantu untuk memiliki hunian impian lebih dari itu, Anda juga bisa menemukan properti untuk investasi masa depan.

Sebagai perusahaan real estate No 1 di Indonesia, Ray White sangat memahami kebutuhan setiap pelanggan. Ray White telah hadir di industri properti global selama lebih dari 120 tahun, lebih dari 1000 kantor di seluruh Australia, Selandia Baru, China, Hong Kong, Timur Tengah, USA dan terlebih khusus di Indonesia sejak 1997. Ray White memiliki jaringan luas 175 kantor yang tersebar di 25 kota besar dan 17 provinsi di Indonesia melalui service excellent  dari 5.000 Marketing Executives.

Menginjak usia yang ke 25 tahun, Ray White telah banyak mengantongi rentetan penghargaan dari berbagai instansi. Tentunya penghargaan-penghargaan yang telah diraih telah membuktikan kiprah kerja sukses Ray White sebagai market leader di industri property.

"properti solution, Ray White in Action"

source : ray white, fortunebuilders, freepik

Share