logo-raywhite-offcanvas

29 Jun 2021

Rumah Tropis : Desain Modern yang Hadirkan Suasana Nyaman

Rumah Tropis : Desain Modern yang Hadirkan Suasana Nyaman

Rumah adalah tempat kita bernaung dan berlindung dari segala gangguan luar, bahkan tempat kita berteduh dari cuaca yang ada disekitar kita, menariknya di belahan dunia yang berbeda musim dan iklim juga berbeda, kita mengenal secara umum ada 4 jenis iklim yaitu iklim tropis, iklim subtropis, iklim sedang, dan iklim dingin.

Indonesia sendiri termasuk dalam iklim tropis yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi dan musim panas yang kering, faktor ini sangat mempengaruhi desain dan bentuk rumah yang ada di berbagai wilayah dunia, khususnya Indonesia rumah tropis adalah desain yang tepat untuk diterapkan. 

Perlu diperhatikan juga bahwa faktor iklim menjadi hal yang vital dalam penentuan desain hunian anda kelak, anda harus paham betul situasi dan keadaan lingkungan tempat dimana anda akan membeli rumah atau berencana membangun sebuah hunian dan tentunya dengan berkonsultasi dengan ahli kontraktor bangunan.

Membangun sebuah rumah juga tidak bisa hanya mengharapkan lantai,dinding, atap jendela dan pintu sekedar berdiri begitu saja namun aspek-aspek lain seperti sirkulasi udara serta bagaimana kenyamanan anda menghadapi musim-musim yang ada apalagi dengan iklim tropis saat ini, sehingga anda juga dapat dengan cermat memilih bahan bangunan yang tepat.

 

Apa itu Rumah Tropis?

 

Mendengar kata tropis, yang terlintas di benak kita adalah situasi yang panas nan lembab, suasana yang penuh dengan tumbuhan hijau, pinggiran pantai yang ditumbuhi pohon kelapa yang teduh dan lain sebagainya, ide-ide tersebut memang berkorelasi dengan iklim tropis, tetapi sebelum kita bahasa lebih lanjut apa sih yang dimaksud dengan iklim tropis?

Iklim tropis terdapat di wilayah di dekat garis ekuator bumi, iklim tropis sendiri terbagi atas iklim hutan hujan tropis yang mana terdapat curah hujan yang tinggi sehingga di wilayah ini memiliki hutan yang lebat, lalu iklim sabana tropis, dengan curah hujan yang sangat jarang, iklim stepa tropis kondisi yang lebih kering, serta gurun tropis yang paling kering, daerah kering ini sangat jarang terdapat tumbuhan hijau dan tidak memiliki hutan.

Desain rumah tropis merupakan solusi yang terbaik dari para arsitektur untuk memecahkan masalah suhu dan cuaca yang terlalu panas, mengingat wilayah tropis memiliki paparan sinar matahari yang cukup lama, dengan demikian rumah tropis bertujuan untuk memodifikasi iklim luar menjadi iklim yang nyaman dan cocok untuk penghuni rumah.

Desain dari rumah tropis juga terlihat pada bentuk atap yang memiliki standar kemiringan minimal 30 derajat dan 15 derajat bagi atap berbahan seng, dinding yang harus kuat dan memiliki banyak ventilasi, jendela yang tidak terlalu lebar dengan orientasi arah selatan atau utara, warna-warna cerah yang berfungsi menyerap panas yang anda dapat gunakan seperti warna putih dan warna-warna alam.

Indonesia yang termasuk dalam iklim hutan hujan menjadi salah satu wilayah yang diberkahi dengan kekayaan alam yang melimpah, dengan hutan dan pepohonan yang ada kebanyakan bahan bangunan dan hunian dibangun menggunakan bahan kayu, namun karena saat ini ada pembatasan karena kelangkaan kayu, maka bahan bangunan dicampur dengan bahan lain seperti semen hingga bahan sintetis yang menggantikan pemakaian kayu.

Rumah tropis yang mengadaptasi iklim dan suhu memiliki karakter yang khas dan efektif dalam memberikan kenyamanan kepada para penghuninya, pada musim kemarau rumah tropis diharapkan memberikan aliran udara yang banyak sehingga penghuni tidak merasa gerah , serta pada musim hujan, desain atap yang membantu aliran air tidak menggenang serta adanya lahan serapan air dan aliran air menuju pembuangan.

Berikut ini ada tips untuk inspirasi anda dalam membangun rumah desain tropis ini.

desain-rumah-tropis-terbuka-untuk-sirkulasi-udara

  • Desain Rumah Terbuka (Open Space)

Desain rumah terbuka memang cukup populer saat ini dikalangan para arsitektur, tujuan awalnya adalah untuk memaksimalkan penggunaan lahan yang terbatas namun tidak terasa sesak dan sempit, caranya adalah dengan menyatukan dua ruangan atau lebih menjadi satu sambil meminimalisir sekat yang ada.

Pada desain Open Space ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, tempat makan dan dapur dibuat menjadi satu ruangan besar, konsep ini sangatlah cocok bagi mereka yang senang dengan sosialisasi, ditambah lagi dengan beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan seperti arus lalu lintas yang baik karena anda tidak perlu membuka tutup pintu dan tidak ada dinding pembatas sehingga anda lebih leluasa bergerak.

Sosialisasi pun menjadi lebih mudah karena anda dapat bercerita dengan anggota keluarga yang sedang bersantai di ruang keluarga sambil anda menyiapkan makanan di dapur, dapur yang menjadi pilihan juga menerapkan dapur terbuka dengan meja bar sebagai pembatas ruang dapur dan ruang lainnya, pengawasan kepada anak-anak juga menjadi lebih mudah tanpa dinding sekat di ruangan.

Rumah tropis menggunakan model open space untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik serta pencahayaan alami yang bisa didapatkan, kebanyakan rumah open space mengganti dinding luar dengan kaca berukuran besar, sehingga cahaya matahari dapat dengan bebas masuk, namun untuk tetap menjaga privasinya rumah dengan dinding luar kaca memiliki pagar di daerah luar yang terbuat dari beton yang terlindungi dari pandangan orang luar, hal ini juga membantu dalam keamanan rumah sebab konsep rumah terbuka memudahkan orang untuk melihat semua isi dari rumah kita dari luar, tanpa pagar pelindung tentunya keamanan rumah menjadi terancam.

Dari segi nilai jualnya, rumah dengan konsep ini sangat banyak peminatnya sehingga anda tidak perlu khawatir ketika hendak menjualnya kembali, serta kemudahan lainnya adalah anda bisa mengubah layout ruangan sesuai dengan selera anda jika sudah bosan dengan layout yang lama.



  • Plafon yang Tinggi

Rumah tropis yang bertujuan untuk menjaga kesejukan di dalam rumah juga menggunakan desain plafon yang tinggi untuk terus menjaga sirkulasi udara yang baik, namun tentunya dengan plafon yang tinggi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan termasuk dalam pemilihan desain interior yang sesuai.

Plafon yang tinggi memberikan kesan yang luas dan tidak sesak bagi anda, namun jika interiornya tidak mendukung rumah anda akan berkesan kosong, nah pemanfaatan dinding yang kosong ini dapat anda mulai dengan memajang karya seni, lalu dengan membuat detail arsitektur yang berkarakter yang membuat plafon anda tidak terlalu polos, anda juga dapat menambahkan lampu gantung untuk menambah fitur yang mengisi kekosongan langit-langit.

 

  • Unsur Alam yang Paling Utama

Iklim tropis yang cocok untuk pertumbuhan banyak jenis tanaman hijau ini dapat anda manfaatkan dengan memberi space khusus taman di rumah anda, boleh dikatakan bahwa unsur rumah tropis adalah memiliki tumbuhan hijau berupa pepohonan maupun tanaman pot.

Alasan mengapa pohon dibutuhkan adalah sebagai suplai udara segar dan penambah kesejukan di saat musim panas, anda tentu pernah merasakan bedanya ketika angin bertiup di musim panas akan terasa sejuk jika ada pohon dan tanaman dibanding ketika angin bertiup tanpa tumbuhan di sekitar, rasanya diterpa angin panas saja.

Tumbuhan juga berfungsi sebagai filter alam dari panas, serta dapat menetralisir suhu yang terlalu terik, ide dari tanaman ini bisa anda mulai dengan menanam pohon jenis palem-paleman yang terbukti memiliki fungsi yang sangat berguna diantaranya adalah dapat menetralisir suhu kering yang dapat menyebabkan iritasi, mudah dalam perawatannya, terbukti sebagai anti polutan, serta bentuknya yang dapat membantu meredakan stress.

Tanaman lain yang menjadi referensi yang cukup populer yang dapat anda gunakan untuk mengisi taman tropis anda adalah, kamboja Jepang, bunga kembang sepatu, cemara Norfolk, bunga kertas Bougenville, dan tanaman daun pucuk merah. Tanaman yang ada memberikan keindahan visual yang dapat menyegarkan pandangan anda, dan tidak hanya sampai disitu saja beberapa tanaman di atas memiliki ketahanan yang baik dalam cuaca panas.

Ide menggunakan unsur alam juga dapat dilakukan dengan memberikan sentuhan langsung tanaman ke bangunan rumah anda, dengan memasang tanaman rambat anda bisa membuat dekorasi “tirai” alami di area rumah yang terbuka, ada juga rumah yang dibangun dengan menyertakan pohon di dalamnya, mungkin anda bingung apa maksudnya tetapi ada beberapa pemilik desain rumah tropis yang ramah lingkungan tidak menebang pohon di lahan miliknya malahan rumah dibangun dengan memberikan space pada pohon tersebut sehingga menjadi dekorasi alami yang memperindah ruangan sekaligus sebagai sumber oksigen bagi penghuninya.

 

  • Tambahkan Unsur Air

Unsur air yang dimaksudkan sebagai dekorasi eksterior yang menambah rasa nyaman dan sejuk serta segar disaat musim panas, contoh unsur air yang bisa anda terapkan yaitu dengan memiliki kolam renang atau kolam ikan kecil di sekitar rumah, terlebih di area teras yang terbuka.

Air dan tanaman adalah kombinasi yang pas yang menunjang keasrian rumah anda dan lingkungan rumah anda, namun sebagai catatan daerah tropis juga merupakan tempat nyamuk berkembang biak, oleh sebab itu kolam yang anda miliki haruslah dipastikan bebas dari tempat perkembangbiakan nyamuk, dengan cara meletakkan ikan, dan membersihkan kolam renang secara teratur dan menaruh kimia khusus.

 

  • Rumah Kayu Bertingkat yang Sejuk

Anda bisa menggunakan inspirasi dari desain rumah panggung yang sejuk, dengan membuat ruangan khusus bersantai di bawah dengan minim sekat dan dinding, serta bagian atas untuk area kamar dengan teras, konsep yang hampir mirip dengan hotel-hotel yang sering anda temukan di Bali.

Desain hunian yang seperti ini sangat membantu anda untuk menekan tingkat stress, karena suasananya yang sederhana dan tenang, serta penggunaan material kayu sebagai bahan utamanya.



Keuntungan dan Kekurangan Memiliki Rumah Tropis

Keuntungan dan kekurangan ini bisa menjadi bahan acuan anda untuk merancang desain anda sendiri yang penting tujuannya tidak menghilangkan kenyamanan dan keamanan sebuah rumah nantinya, berikut adalah keuntungan memiliki rumah tropis.

Keuntungan Rumah Tropis

 

  • Penghematan Energi

Dengan memiliki area terbuka yang banyak, anda dapat menghemat penggunaan energi dengan lebih efektif, pasalnya anda tidak perlu menggunakan AC karena cuaca panas, aliran udara alami yang masuk ke rumah sangat lebih dari cukup untuk memberikan kesejukan ditambah lagi jika ada taman kecil dan pepohonan di sekitar rumah.

 

  • Daerah Resapan Air yang Luas

Sebelum membangun di atas sebuah lahan, ada baiknya anda memperhatikan bahwa sebuah rumah tropis menganut konsep 50% sebagian lahan untuk tempat terbuka hijau dan lahan resapan air.

Tidak hanya musim panas yang terik, iklim tropis juga memiliki musim hujan yang konsisten, maksudnya ada masa dimana hujan turun terus menerus sehingga genangan air juga tidak dapat dihindari.

Di kota besar yang memiliki lahan resapan terbatas menjadi berisiko terancam banjir, apalagi jika tidak didukung oleh sistem drainase yang baik dan bebas mampet dari sampah, anda juga harus memikirkan rancangan resapan ini dari awal dengan cara membiarkan sebagian halaman anda tidak dilapisi semen atau dibiarkan hanya tanah saja, sehingga ketika hujan turun air bisa meresap masuk ke dalam tanah.

Pembangunan atap juga memiliki kemiringan yang standar sehingga air juga tidak tergenang, atap dengan desain datar tidak dianjurkan untuk wilayah dengan curah hujan tinggi, karena ketika debit air melebihi kapasitas beban yang bisa ditanggung atap maka atap berisiko bisa ambruk dan membahayakan penghuninya.

 

  • Pemakaian Bahan Bangunan yang Tidak Banyak

Penggunaan bahan bangunan tentu tergantung kepada bentuk dan desain rumah tropis ini sendiri, namun jika ditinjau dari karakteristik yang umum seperti konsep terbuka, maka penggunaan bahan-bahan untuk material dinding sendiri dapat diminimalisir karena beberapa ruangan tidak memerlukan sekat.

Ditambah lagi dengan penggunaan halaman yang dibiarkan tanpa lapisan batuan mempermudah desain dengan meletakkan rerumputan alami sebagai penggantinya.

 

  • Penggunaan Cross Ventilation Melancarkan Sirkulasi Udara

Apa itu cross ventilation? Ini adalah sistem aliran udara yang membuat udara masuk dan keluar dari tempat yang berbeda, sehingga udara mengalir dengan bebas.

Contohnya adalah peletakkan jendela di area utara dan selatan, udara masuk melalui utara/selatan dan keluar di sisi yang lain juga sehingga udara tidak berputar-putar di tempat serta kesegaran ruangan tetap terjaga selama musim panas.

 

Kekurangan Rumah Tropis 

 

Beberapa kekurangan yang akan dibahas mengacu kepada beberapa perawatan atau aktifitas yang harus anda perhatikan dalam pemeliharaan rumah tropis ini.

 

  • Hewan Liar yang Bisa Masuk

Dengan daerah tropis yang kaya akan tumbuhan tentu saja tidak lepas dari hewan-hewan yang ada, anda bisa mengantisipasinya dengan cara membangun pagar yang tidak memiliki celah dan jaraknya cukup jauh dari dinding rumah.

Jika anda menanam pohon untuk menambah kesejukan, disarankan jangan pohon yang berbuah manis agar hewan-hewan tidak datang yang berpotensi dapat masuk ke dalam rumah.

Hal lainnya adalah pengendalian nyamuk, anda harus memastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah anda, jika anda menginginkan kolam ikan atau kolam renang maka memastikan kebersihannya agar nyamuk tidak bertelur adalah hal yang utama.

 

  • Kurangnya Privasi

Salah satu kekurangan ruangan dengan minimnya dinding pembatas adalah privasi, namun anda bisa menyiasatinya dengan membangun kamar atau ruangan lain saat anda menginginkan privasi, ruangan terbuka biarlah di area ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan.

Lalu desain ini tentu saja penyerapan suaranya akan sangat buruk, jadi jika anda menginginkan hiburan seperti mendengar musik dengan volume keras atau menonton, disarankan anda mempunyai ruangan khusus untuk itu.

Rumah tropis adalah gebrakan yang memungkinkan setiap penghuninya apat tetap nyaman dalam kondisi iklim terik maupun hujan, properti jenis ini juga melambangkan keterbukaan dan kehangatan penghuninya, dan tentu saja orang-orang yang mencintai kerapian akan sangat cocok dengan konsep ini, karena beberapa area di dalam rumah akan visible dan terlihat kepada tamu yang berkunjung.

Jika anda membutuhkan sebuah hunian rumah tropis atau lahan untuk anda membangun rumah impian, anda dapat berkonsultasi dengan agen properti terbaik.

Ray White adalah agen properti yang telah berpengalaman bertahun-tahun di dunia real estate, dengan kepercayaan yang didapatkan, Ray White berhasil meraih penghargaan pada Top Brand Awards yang menunjukkan dedikasi dan pelayanan Ray White.

Dengan listingan lengkap, anda dapat dengan leluasa mendapat informasi up to date tentang properti impian anda. Hubungi Ray White sekarang dan rasakan pengalaman transaksi properti dengan harga terbaik.

 

Properti Solution? Ray White in Action!

Source : Ray White, rumah123. Rumah, intiland, 99, builder, casaindonesia, pexels

Share