logo-raywhite-offcanvas

23 Jun 2021

Teras Rumah Minimalis 2022

Teras Rumah Minimalis 2022

Rumah yang baik adalah rumah yang memenuhi faktor keamanan dan kesehatan bagi para penghuninya, peran rumah sebagai tempat berlindung dari segala gangguan luar berkembang menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya manusia yang tinggal di dalamnya. Tidak hanya itu, rumah dapat menjadi identitas dan mencerminkan sang pemilik yang dapat dilihat dari bentuk dan desainnya bagaimana penataan dan kebersihannya. Bagian-bagian rumah pun tidak lepas dari adanya dinding, atap, lantai, teras rumah, dan berbagai perabotan interior maupun eksteriornya.

Jika anda mempunyai budget yang cukup untuk membangun rumah impian anda, alangkah lebih mudahnya anda dalam berkreasi dan memiliki rumah sesuai dengan selera anda, namun tentu hal itu memiliki tantangannya tersendiri karena mencari lahan kosong untuk membangun rumah di daerah impian anda pun agak sedikit susah, namun itu bukanlah hal yang mustahil dilakukan.

Beberapa cara yaitu mencari tanah kavling yang dijual pengembang, atau juga membeli rumah jadi yang ke depannya dapat anda renovasi dan bangun sendiri dan tentunya dalam perencanaan desain hingga pembangunannya anda memerlukan jasa kontraktor bangunan, nah kali ini kita akan bahas bagian rumah yang kadang diabaikan namun memiliki peranan yang tidak kalah penting dari sebuah rumah yaitu teras rumah.

Teras rumah memiliki makna sebagai area penghubung bagian luar rumah dengan rumah utama, dengan atap yang dibangun di atasnya, umumnya kita melihat teras didesain berada di depan rumah saja namun tidak hanya terbatas di sana, teras dapat dibangun di samping rumah, dibelakang, hingga dibuat di tengah-tengah seakan-akan bangunan utama rumah mengelilinginya.

 

Lokasi Teras Rumah Mempengaruhi Fungsinya

Dengan fungsinya yang beragam membuat teras menjadi bagian rumah yang tidak dapat diabaikan lagi ya, selain menambah kesan estetika, teras juga menjadi tempat keluarga bercengkrama.

teras-rumah-sebagai-faktor-kenyamanan

  • Teras di Depan Rumah

Lokasi teras di depan rumah pada umumnya akan menjadi tempat menerima tamu-tamu anda yang datang, kesan pertama akan rumah anda akan terasa saat tamu pertama kali datang di area ini, jadi penataan teras yang rapi dan minimalis akan memperkuat kesan itu. Bagi anda yang tidak memiliki ruang tamu yang cukup luas dapat menggunakan teras depan sebagai ruang tamu.

Teras depan juga akan menjadi transisi orang yang akan masuk ke dalam rumah, dan begitu sangat praktis apabila tiba-tiba saat itu cuaca sedang hujan dan anda atau tamu anda kehujanan, teras depan menjadi tempat untuk sekedar mengeringkan badan atau melepas sepatu yang basah, tanpa teras anda mungkin akan masuk ke dalam rumah dalam kondisi basah dan sepatu kotor, sebuah kondisi yang tidak nyaman bila dilihat.

  • Teras di Samping Rumah

Ide teras di samping rumah juga tidak kalah brilian, desain membangun teras di samping rumah akan muncul karena pemanfaatan lahan yang lebih dan memang di depan rumah tidak ada area yang cukup luas untuk dibangun teras bisa juga lahan berada di daerah sudut, pada bagian ini kondisi tanah akan sangat memegang peranan penting dalam segi ukuran dan bentuknya.

Teras di samping rumah juga dapat menjadi preferensi tersendiri bagi pemilik rumah, bila anda perhatikan pada desain rumah Korea dan Jepang yang populer, membangun teras di samping adalah ciri khas yang kental, dibarengi dengan adanya taman minimalis yang menyejukkan mata.

Fungsi utama dari teras ini adalah memberikan kesan nyaman dan rileks, karena digunakan pemiliknya sebagai tempat bersantai dan menikmati istirahatnya, tidak mudah terganggu dengan orang yang lalu lalang atau tamu yang berkunjung karena sifatnya yang private.

  • Teras di Belakang Rumah

Membangun Teras di belakang rumah akan memberikan kesan seperti “menemukan harta karun tersembunyi” bagi tamu-tamu anda, di tengah-tengah kota yang padat penduduk, tentu saja menemukan lahan kosong yang lega akan memberikan kesenangan tersendiri, anda dapat menghabiskan waktu bercengkrama bersama keluarga atau bahkan teman akrab.

Membangun teras di belakang rumah akan membuat rileks, karena dengan kesan lega serta memberikan sirkulasi udara yang baik pula.

  • Teras yang Berada di Tengah Rumah

Hal unik lainnya yang bisa diterapkan dalam mendesain teras rumah adalah dengan membangun tepat di tengah lahan dan dikelilingi bangunan lainnya, tergantung dengan ukuran lahannya, teras bisa menyatu dengan taman atau halaman rumah, walaupun agak terlihat jarang pada konsep perumahan saat ini, namun hal ini dapat kita lihat dalam desain-desain rumah ala mediterania yang membangun halaman yang dikelilingi oleh bangunan utama.

Keunggulan dari teras ini adalah, anda bisa mendapatkan asupan sinar matahari kapan saja, dengan tidak terhalang karena pergantian waktu.



Desain Teras Minimalis Trend Masa Kini

Teras adalah pelengkap keramahtamahan kepada para tamu yang berkunjung ke rumah, obrolan hangat dan kegiatan menghabiskan waktu bersama dapat terjadi di teras rumah, nah tentunya dalam mendesain teras rumah ada hal yang harus anda perhatikan sehingga faktor kenyamanan yang diutamakan semakin kuat.

Kursi atau tempat untuk duduk adalah hal yang penting bagi teras, tentunya dengan memilih bahan yang kuat dan tahan air, karena berlokasi di luar rumah dan berpotensi terkena cipratan air ketika hujan, tetapi dengan desain atap yang agak melebar dan tidak terlalu dekat dengan pinggir teras hal ini bisa teratasi dengan baik.

Berbeda dengan ketika anda menginginkan desain teras samping ala Jepang, yang mengutamakan lesehan, atau sambil berbaring namun karena teras samping rumah sifatnya lebih private maka semuanya kembali kepada selera anda sendiri.

Ada beberapa tips yang anda bisa terapkan pada desain teras rumah anda, nah tips tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pilih Perabot yang Simpel

Syarat terpenting untuk perabotan teras adalah minimalis dan simpel, dapat dipindah dengan mudah, biasanya orang-orang akan meletakkan kursi dan meja kecil di teras rumah jika memiliki teras di depan, untuk ide perabotan sendiri anda dapat menggunakan kursi dan meja berbahan kayu, terbuat dari anyaman, atau jika anda memiliki selera desain yang tinggi anda bisa mengadaptasi dari model desain rustic yang khas, bisa juga dengan memanfaatkan perabotan dari material daur ulang namun berkualitas yang bisa menghemat biaya untuk tidak membeli perabotan baru.

Untuk perabotan di teras samping dan belakang, tentunya akan semakin menarik karena tujuannya adalah relaksasi pribadi dan bukan menyambut tamu, anda dapat meletakkan kursi santai yang bisa memungkinkan anda untuk berbaring sambil menikmati semilir angin yang berhembus di kala musim panas, meja kecil juga tidak boleh ketinggalan agar anda dapat meletakkan secangkir kopi atau sekedar cemilan di sore hari.

Untuk dapat lebih bersantai lagi, anda dapat memasang hammock yang ditautkan di tiang yang kokoh atau pohon jika anda memiliki pohon yang teduh dan kuat di teras anda, atau bila anda memiliki budget yang cukup ayunan adalah perabotan yang sangat pas untuk diletakkan di teras belakang rumah.

  • Pelapis Lantai yang Banyak Varian nya

Teras yang indah tentu saja tidak mengabaikan unsur pelapis lantai yang akan digunakan, dalam pemilihan materialnya anda juga harus mengenal bahan-bahan yang tepat agar nanti tidak ada bongkar ulang karena salah memilih.

Anda dapat menggunakan bahan lantai dari batuan alam, buatan seperti sintetis, maupun berbahan kayu. Tekstur juga sangat memegang peranan penting untuk teras anda. Tekstur batuan yang agak kasar dan tidak licin sangat cocok dalam melapisi teras bagian depan sebagai penyambut tamu, selanjutnya untuk teras samping dan belakang anda bisa memakai tekstur yang lebih halus jika anda menginginkan bersantai sambil lesehan.

Hindari memasang lantai yang licin pada teras rumah, karena dengan lokasinya yang terbuka lantai dapat dengan mudah licin karena basah terkena cipratan air pada musim hujan sehingga akan beresiko membuat anda terpeleset, dan lagi pilihlah bahan yang mudah dibersihkan.

Setelah menentukan bahan apa yang hendak anda gunakan, langkah selanjutnya adalah dengan memberikan dekorasi yang menambah estetika teras rumah anda, desain bahan lantai juga tidak melulu satu jenis saja, anda dapat kombinasikan lantai teras anda seperti membuat jalur khusus untuk rumput-rumput hias, menggabungkan batu alam yang pipih dengan batuan koral yang dibuat menonjol untuk kegunaan refleksi kaki, dan lain sebagainya. 

  • Jangan Lupa Dekorasi yang Bersinergi dengan Desain Rumah

Sebelum rumah anda berdiri dengan kokoh, tentunya desain teras rumah juga haruslah dipikirkan, agar nanti selaras dengan gaya rumah anda.

Jika anda memiliki lahan yang cukup lapang untuk teras, anda bisa meletakkan tanaman hijau sebagai hiasannya, baik di dalam pot maupun ditanam langsung di tanah di area teras yang belum dilapisi beton.

Meletakkan tanaman hijau akan menyegarkan pemandangan rumah anda serta memberikan kesan sejuk yang membuat ngobrol bersama kolega atau anggota keluarga semakin menyenangkan, ditambah lagi jika anda memang memilih desain rumah dengan konsep taman minimalis, tanaman-tanaman seperti Bougainvillea, Mandevilla, Begonia Rex, English Ivy, Sirih Gading adalah contoh tanaman populer yang sering menghiasi teras rumah, atau bonsai tanaman yang dikerdilkan khas Jepang.

Tidak sampai disitu saja, anda jangan melupakan penerangan atau lampu yang akan dipasang di teras rumah, saat ini pilihan jenis lampu beragam jenisnya, namun jika anda nantinya akan menggunakan teras saat malam lebih sering pilihan lampu warna putih dan cukup terang akan sangat cocok.

Memiliki sebuah teras di rumah memberikan kesan hangat dan akrab kepada siapa yang berkunjung, ditambah lagi teras yang bersih dan tertata akan menambah keindahan rumah anda, dari kegunaannya memiliki teras juga membantu sirkulasi udara terjadi di rumah anda, ketika anda ingin menikmati semilir angin di luar rumah anda bisa menikmatinya dengan bersantai di teras.

 

Beragam Variasi Desain Teras

desain-teras-yang-minimalis-dan-inspiratif

  • Teras Bernuansa Alam

Desain teras kali ini sangat dipadukan dengan tanaman hijau yang lebih dominan, serta kombinasi kayu sebagai pelapis lantai dipadukan dengan batuan kali yang kecil menjadikan teras anda akan terasa nyaman dilewati bahkan tanpa alas kaki sekalipun.

  • Teras Dengan Kesan Elegan dan Mewah

Teras dengan tambahan dekorasi patung akan menambah kesan elegan rumah anda, tapi perlu diperhatikan jika dekorasi patung akan sangat cocok dengan rumah yang bergaya victoria atau ala Eropa, sehingga kesan ningrat yang ditampilkan semakin terasa.

  • Teras dengan Kolam

Teras dengan Kolam ikan, Mengapa tidak? Unsur alam yang satu ini adalah salah satu aspek penunjang ketenangan batin dan mental, air sering sekali digunakan sebagai filosofi kehidupan bahkan pada dekorasi ala Korea dan Jepang, menggunakan unsur air sebagai dekorasi merupakan nilai yang tidak boleh diabaikan.

Alangkah menyenangkannya, jika anda hangout bersama teman-teman dan keluarga sambil memberi makan ikan-ikan, namun perlu diperhatikan kebersihannya terlebih pada wilayah yang beriklim tropis karena kolam dapat menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk.

  • Teras Ala Jepang

Dekorasi teras Jepang ini memang memiliki ciri khas yang menjunjung filosofi zen, yaitu ketenangan dan kedamaian, dekorasi yang sangat menyukai alam ini tentu tidak lepas dari penataan tanaman-tanaman bambu khas Jepang, serta penataan batuan kecil berpadu dengan batuan alam. Teras ini pada umumnya sering ditemukan pada bagian samping rumah tempat bersantai dengan menggunakan kayu sebagai alasnya.

  • Teras Terbuka

Teras terbuka ini maksudnya memiliki bagian terbuka di rumah yang digunakan tidak hanya sebagai teras untuk menyambut tamu, tetapi juga tempat berkumpul keluarga. Perabotan pun terbilang cukup lengkap dimulai dari kursi, meja, televisi, hingga meja makan bagi keluarga yang menyukai konsep terbuka. Desain teras ini dibuat agak jauh dari gerbang masuk rumah, atau bisa juga dibangun di belakang rumah, atau bahkan di tengah-tengah rumah, teras tipe ini sangat mudah mendapatkan cahaya alami.

  • Teras Dengan Nuansa Cafe’

Kece dengan gaya keramik pilihan, serta dengan furniture yang bergaya ala cafe’ membuat anda betah berlama-lama di model teras yang satu ini. Anda bahkan bisa membuat bar mini untuk anda dan tamu-tamu anda sambil bersantai menikmati musik, atau sekedar menikmati akhir pekan sambil pesta barbeque dengan teman-teman anda.

  • Teras dengan Nuansa Pedesaan

Teras yang satu ini akan membawa memori indah bagi anda, serta dapat bernostalgia dengan masa-masa indah di zaman dulu, desain teras ini mengutamakan bahan kayu sebagai pelapis lantai, serta memakai furniture dari kayu juga seperti kursi malas, anda dapat memadukan dengan tanaman pot bunga berukuran sedang hingga besar.

  • Teras Dengan Suasana Hangat dan Meriah

Bagi anda yang senang berkreasi dan kreatifitas, anda dapat membuat desain teras dengan agak lebih berani yaitu dengan menggunakan warna-warna cerah, serta yang paling unik adalah kursi sofa dengan bantal-bantal yang lucu, namun kebebasan berekspresi seperti ini di teras rumah tentu nya dengan pertimbangan bahwa wilayah rumah anda itu terjamin keamanannya serta atap rumah yang cukup lebar sehingga tidak membuat sofa basah karena kecipratan air hujan.

 

Teras rumah adalah identitas yang cepat memberi kesan kepada pengunjung dan tamu anda, teras yang indah dan bersih adalah idaman setiap orang, disamping itu terlepas daripada kepuasan pribadi, rumah dengan teras memiliki nilai investasi yang tinggi, kenyamanan yang begitu ditonjolkan menjadikan orang cepat jatuh hati kepada rumah yang memiliki teras yang estetik.

Perkembangan dunia real estate saat ini terus berlangsung secara masif, dan informasi yang ada pun begitu menarik untuk dijadikan bahan referensi anda dalam membangun hunian, atau membuat standar hunian impian yang akan anda beli.

Ray White hadir sebagai agen properti terpercaya, yang telah malang-melintang di dunia real estate dan telah mendapatkan kepercayaan dari para klien selama bertahun-tahun, Ray White berhasil mendapatkan penghargaan dari Top Brand Awards yang membuktikan dedikasi dan pelayanannya. Ray White memiliki informasi yang up to date tentang perkembangan properti saat ini dan siap membantu anda untuk mendapatkan hunian impian anda.

 

Ray White, Your Property Solution!

Source : Ray White, dekoruma, kumaran.info, casaindonesia, indesignideas, pixabay, unsplash

Share